ANALISIS VARIABEL YANG MEMPENGARUHI VOLUME PENJUALAN PADA SENTRAL YAMAHA DI JEMBER
Abstract
Penelitian ini di beri judul Analisis Variabel Yang Mempengaruhi Volume
Penjualan Pada Sentral Yamaha Di Jember.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel
harga jual (Xl), harga jual pesaing (X2) dan biaya promosi (X3) baik secara
bersama - sama maupun parsial terhadap volume penjualan (Y) serta untuk
mengetahui variabel manakah yang mempunyai pengaruh paling dominan
terhadap volume penjualan (Y) pada Sentral Yamaha Di Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksplanatif dengan
pengambilan data menggunakan data sekunder. Variabel-variabel independen
yang diteliti adalah variabel harga jual (Xl), harga jual pesaing (X2) dan biaya
promosi (X3). Sedangkan variabel dependennya adalah variabel volume
penjualan (Y).
Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linier
berganda dan juga menggunakan metode asumsi klasik untuk menguji kelayakan
suatu model regresi linier berganda. Dari hasil analisis regresi linier berganda
diketahui bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel harga jual (Xl),
harga jual pesaing (X2) dan biaya promosi (X3) terhadap volume penjualan (Y).
Dari uji F didapat F hitung sebesar 16,997. dengan tingkat signifikansi 0.000.
Dengan uji koefisien determinasi berganda (R2) didapat pengaruhnya yaitu
sebesar 61.4 %. Sedangakan pada uji t didapat t hitung harga jual (Xl) sebesar -
1,055 dengan tingkat signifikansi 0,299 dan
t hitung pada harga jual pesaing (X2) sebesar 2,276 dengan tingkat signifikansi 0,10
serta t hitung pada biaya promosi (X3) sebesar 3,011 dengan tingkat signifikansi
0,05. Dari ketiga variabel tersebut diketahui bahwa variabel biaya promosi
memberikan kontribusi paling besar, hal ini dapat diketahui dari hasil analisis
koefisien determinasi parsial (r2) yaitu sebesar 47,0 %.