• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS POSITIONING WARUNG KOPI CAK WANG DI KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Rhiza Fajar H. - 080810201046_1.pdf (379.5Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Rhiza Fajar H.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini berjudul “Analisis Positioning Warung Kopi Cak Wang di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peta positioning dari Warung Kopi Cak Wang berdasarkan persepsi konsumen di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 60 orang. Variabel yang digunakan adalah variabel atribut determinan berdasarkan persepsi konsumen yang terdiri dari produk, harga, promosi, lokasi, proses, orang, dan bukti fisik masing - masing usaha. Alat analisis adalah Multi Dimensional Scalling (MDS). Multi Dimensional Scalling (MDS) digunakan untuk mengukur obyek - obyek dalam ruangan multi dimensional yang didasarkan pada penilaian responden mengenai kemiripan (similarity) obyek-obyek tersebut. Analisis Multi Dimensional Scalling (MDS), menggunakan teknik multivariat dalam golongan interdependenced technique, yaitu kedudukan setiap variabel sama, tidak ada variabel dependen dan variabel independen. Analisis Multi Dimensional Scalling (MDS), juga salah satu prosedur yang digunakan untuk memetakan persepsi para responden secara visual dalam peta geometri. Peta geometri tersebut yang disebut perceptual map, yaitu peta yang menunjukkan obyek mana yang sangat mirip dan mana yang sangat tidak mirip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan posisi masingmasing usaha berdasarkan persepsi konsumen dan menunjukkan bahwa usaha Warung Cathe merupakan pesaing terdekat atau pesaing langsung (direct competitor) dari usaha Warung Kopi Cak Wang, terutama menyangkut promosi, lokasi, dan proses. Usaha Warung Nongkrong dan Warung Katakopi tidak mempunyai pesaing langsung (indirect competitor) karena memiliki perbedaan terbesar atau diferensiasi yang jelas dan unik. Usaha Warung 1991 Coffe tidak memiliki positioning yang kuat atau jelas, karena tidak mempunyai banyak kemiripan dan juga tidak mempunyai banyak perbedaan dengan usaha warung lainnya dibenak konsumen. Hasil dari uji konsistensi dan kesamaan sikap responden juga menunjukkan bahwa responden tidak memiliki kesamaan sikap dalam menilai kemiripan usaha warung yang ada.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23334
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12473]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository