ANALISIS POSITIONING WARUNG KOPI CAK WANG DI KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Positioning Warung Kopi Cak Wang di
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember”. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan menganalisis peta positioning dari Warung Kopi Cak Wang
berdasarkan persepsi konsumen di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.
Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan
jumlah responden sebanyak 60 orang. Variabel yang digunakan adalah variabel
atribut determinan berdasarkan persepsi konsumen yang terdiri dari produk,
harga, promosi, lokasi, proses, orang, dan bukti fisik masing - masing usaha. Alat
analisis adalah Multi Dimensional Scalling (MDS). Multi Dimensional Scalling
(MDS) digunakan untuk mengukur obyek - obyek dalam ruangan multi
dimensional yang didasarkan pada penilaian responden mengenai kemiripan
(similarity) obyek-obyek tersebut. Analisis Multi Dimensional Scalling (MDS),
menggunakan teknik multivariat dalam golongan interdependenced technique,
yaitu kedudukan setiap variabel sama, tidak ada variabel dependen dan variabel
independen. Analisis Multi Dimensional Scalling (MDS), juga salah satu prosedur
yang digunakan untuk memetakan persepsi para responden secara visual dalam
peta geometri. Peta geometri tersebut yang disebut perceptual map, yaitu peta
yang menunjukkan obyek mana yang sangat mirip dan mana yang sangat tidak
mirip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan posisi masingmasing
usaha berdasarkan persepsi konsumen dan menunjukkan bahwa usaha
Warung Cathe merupakan pesaing terdekat atau pesaing langsung (direct
competitor) dari usaha Warung Kopi Cak Wang, terutama menyangkut promosi,
lokasi, dan proses. Usaha Warung Nongkrong dan Warung Katakopi tidak
mempunyai pesaing langsung (indirect competitor) karena memiliki perbedaan
terbesar atau diferensiasi yang jelas dan unik. Usaha Warung 1991 Coffe tidak
memiliki positioning yang kuat atau jelas, karena tidak mempunyai banyak
kemiripan dan juga tidak mempunyai banyak perbedaan dengan usaha warung
lainnya dibenak konsumen. Hasil dari uji konsistensi dan kesamaan sikap
responden juga menunjukkan bahwa responden tidak memiliki kesamaan sikap
dalam menilai kemiripan usaha warung yang ada.