PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA DI RUMAH DAN PEMANFAATAN BEASISWA KHUSUS MURID TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 GENDING TAHUN 2007 / 2008
Abstract
Proses kegiatan belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor yang
sangat menentukan keberhasilan peserta didik, antara lain: minat, kecerdasan, bakat
dan motivasi. Penelitian ini lebih memfokuskan pada faktor motivasi, yaitu berupa
pemberian bimbingan orang tua di rumah dan pemanfaatan beasiswa khusus murid.
Beasiswa mempunyai peranan yang penting untuk membantu mengatasi masalah
putus sekolah. Selain itu, bimbingan orang tua di rumah akan membuat proses belajar
menjadi lebih terarah, yang pada akhirnya akan dapat menentukan hasil belajar anak.
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian bimbingan orang tua di rumah
dan pemanfaatan beasiswa khusus murid terhadap prestasi belajar siswa.
Selain ditentukan oleh tersedianya tempat dan peralatan belajar yang cukup
memadai, prestasi juga sangat ditentukan oleh perhatian yang besar dari orang tua.
Gunarso berpendapat bahwa bimbingan belajar yang diberikan oleh orang tua
merupakan suatu sumbangan yang bernilai positif bagi anak dalam mengjar prestasi.
Sedangkan dana bantuan beasiswa BKM menurut surat keputusan yang dikeluarkan
oleh Depdikbud bahwa pemberian beasiswa untuk siswa, selain untuk membantu
siswa yang berasal dari keluarga miskin, juga mempunyai tujuan untuk meningkatkan
mutu pendidikan di Indonesia. Sudjana menyatakan bahwa prestasi belajar adalah
kemampuan yang dimilki anak setelah ia menerima pengalaman belajarnya.
Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Gending. Metode penentuan responden
dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode populatif, yaitu sebanyak
36 responden. Sumber data primer diperoleh melalui penyebaran angket kepada
responden, sedangkan data sekunder diperoleh melalui pencataan dokumentasi.