• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA DI RUMAH DAN PEMANFAATAN BEASISWA KHUSUS MURID TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 GENDING TAHUN 2007 / 2008

    Thumbnail
    View/Open
    Kristiya Bayu Lestari_01.pdf (39.41Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Kristiya Bayu Lestari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses kegiatan belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor yang sangat menentukan keberhasilan peserta didik, antara lain: minat, kecerdasan, bakat dan motivasi. Penelitian ini lebih memfokuskan pada faktor motivasi, yaitu berupa pemberian bimbingan orang tua di rumah dan pemanfaatan beasiswa khusus murid. Beasiswa mempunyai peranan yang penting untuk membantu mengatasi masalah putus sekolah. Selain itu, bimbingan orang tua di rumah akan membuat proses belajar menjadi lebih terarah, yang pada akhirnya akan dapat menentukan hasil belajar anak. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian bimbingan orang tua di rumah dan pemanfaatan beasiswa khusus murid terhadap prestasi belajar siswa. Selain ditentukan oleh tersedianya tempat dan peralatan belajar yang cukup memadai, prestasi juga sangat ditentukan oleh perhatian yang besar dari orang tua. Gunarso berpendapat bahwa bimbingan belajar yang diberikan oleh orang tua merupakan suatu sumbangan yang bernilai positif bagi anak dalam mengjar prestasi. Sedangkan dana bantuan beasiswa BKM menurut surat keputusan yang dikeluarkan oleh Depdikbud bahwa pemberian beasiswa untuk siswa, selain untuk membantu siswa yang berasal dari keluarga miskin, juga mempunyai tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Sudjana menyatakan bahwa prestasi belajar adalah kemampuan yang dimilki anak setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Gending. Metode penentuan responden dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode populatif, yaitu sebanyak 36 responden. Sumber data primer diperoleh melalui penyebaran angket kepada responden, sedangkan data sekunder diperoleh melalui pencataan dokumentasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23333
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository