Show simple item record

dc.contributor.authorDwi Agustina
dc.date.accessioned2014-01-24T04:30:23Z
dc.date.available2014-01-24T04:30:23Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM040210102006
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23202
dc.description.abstractDengan pembelajaran konvensional, persentase ketuntasan dan keefektifan hasil belajar fisika siswa kelas VII-Bilingual SMP Negeri 6 Jember masih rendah, yakni 46,1 % dengan keefektifan 59,03 %. Model Problem Based Instruction (PBI) yang sesuai dengan hakekat sains, tentunya dapat meningkatkan ketuntasan dan efektivitas pembelajaran fisika. Untuk membuktikannya maka perlu dilkakukan penelitian tentang hal tersebut. Adapun judul penelitiannya ”Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika Dan Efektivitas Pembelajaran Fisika Dengan Model PBI di Kelas VII-Bilingual SMPN 6 Jember“. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Meningkatkan besar persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika dengan model PBI di Kelas VII-Bilingual SMP Negeri 6 Jember; (2) Meningkatkan besar tingkat efektivitas pembelajaran fisika dengan model PBI di Kelas VII-Bilingual SMP Negeri 6 Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 5 sampai 13 Mei 2009 di SMP Negeri 6 Jember tahun ajaran 2008-2009. Responden yang diteliti adalah seluruh siswa kelas VII-Bilingual SMP Negeri 6 Jember. Jenis penelitian ini adalah “Penelitian Tindakan Kelas”. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Observasi, dokumentasi dan tes. Metode analisis data yang digunakan adalah (1) Persentase ketuntasan hasil belajar fisika siswa; (2) Tingkat efektivitas model PBI. Dari hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Persentase ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VII-Bilinual SMP Negeri 6 Jember pokok bahasan kalor dengan model PBI, secara individual maupun klasikal sebesar 80,77 % (kategori tinggi), dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 34,67%; (2) Tingkat efektivitas pembelajaran dengan model PBI pada kelas bilingual mencapai taraf 86,44 % dan kategori efektivitas pada taraf tersebut adalah efektif, dengan peningkatan efektivitas pembelajaran sebesar 27,41%. Dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan model PBI dapat meningkatkan persentase ketuntasan dan keefektifan hasil belajar fisika siswa kelas VII-Bilingual SMP Negeri 6 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210102006;
dc.subjectPeningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika Dan Efektivitasen_US
dc.titlePENINGKATAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PBI DI KELAS VII-BILINGUAL SMPN 6 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record