PENINGKATAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PBI DI KELAS VII-BILINGUAL SMPN 6 JEMBER
Abstract
Dengan pembelajaran konvensional, persentase ketuntasan dan keefektifan
hasil belajar fisika siswa kelas VII-Bilingual SMP Negeri 6 Jember masih rendah,
yakni 46,1 % dengan keefektifan 59,03 %. Model Problem Based Instruction (PBI)
yang sesuai dengan hakekat sains, tentunya dapat meningkatkan ketuntasan dan
efektivitas pembelajaran fisika. Untuk membuktikannya maka perlu dilkakukan
penelitian tentang hal tersebut. Adapun judul penelitiannya ”Peningkatan Ketuntasan
Hasil Belajar Fisika Dan Efektivitas Pembelajaran Fisika Dengan Model PBI di
Kelas VII-Bilingual SMPN 6 Jember“. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)
Meningkatkan besar persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
fisika dengan model PBI di Kelas VII-Bilingual SMP Negeri 6 Jember; (2)
Meningkatkan besar tingkat efektivitas pembelajaran fisika dengan model PBI di
Kelas VII-Bilingual SMP Negeri 6 Jember.
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 5 sampai 13 Mei 2009 di SMP
Negeri 6 Jember tahun ajaran 2008-2009. Responden yang diteliti adalah seluruh
siswa kelas VII-Bilingual SMP Negeri 6 Jember. Jenis penelitian ini adalah
“Penelitian Tindakan Kelas”. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data
adalah Observasi, dokumentasi dan tes. Metode analisis data yang digunakan adalah
(1) Persentase ketuntasan hasil belajar fisika siswa; (2) Tingkat efektivitas model
PBI.
Dari hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: (1)
Persentase ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VII-Bilinual SMP Negeri 6
Jember pokok bahasan kalor dengan model PBI, secara individual maupun klasikal
sebesar 80,77 % (kategori tinggi), dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 34,67%; (2) Tingkat efektivitas pembelajaran dengan model PBI pada kelas
bilingual mencapai taraf 86,44 % dan kategori efektivitas pada taraf tersebut adalah
efektif, dengan peningkatan efektivitas pembelajaran sebesar 27,41%. Dapat
dikatakan bahwa pembelajaran dengan model PBI dapat meningkatkan persentase
ketuntasan dan keefektifan hasil belajar fisika siswa kelas VII-Bilingual SMP Negeri
6 Jember.