• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PBI DI KELAS VII-BILINGUAL SMPN 6 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (238)_1.pdf (161.8Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Dwi Agustina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dengan pembelajaran konvensional, persentase ketuntasan dan keefektifan hasil belajar fisika siswa kelas VII-Bilingual SMP Negeri 6 Jember masih rendah, yakni 46,1 % dengan keefektifan 59,03 %. Model Problem Based Instruction (PBI) yang sesuai dengan hakekat sains, tentunya dapat meningkatkan ketuntasan dan efektivitas pembelajaran fisika. Untuk membuktikannya maka perlu dilkakukan penelitian tentang hal tersebut. Adapun judul penelitiannya ”Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika Dan Efektivitas Pembelajaran Fisika Dengan Model PBI di Kelas VII-Bilingual SMPN 6 Jember“. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Meningkatkan besar persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika dengan model PBI di Kelas VII-Bilingual SMP Negeri 6 Jember; (2) Meningkatkan besar tingkat efektivitas pembelajaran fisika dengan model PBI di Kelas VII-Bilingual SMP Negeri 6 Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 5 sampai 13 Mei 2009 di SMP Negeri 6 Jember tahun ajaran 2008-2009. Responden yang diteliti adalah seluruh siswa kelas VII-Bilingual SMP Negeri 6 Jember. Jenis penelitian ini adalah “Penelitian Tindakan Kelas”. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Observasi, dokumentasi dan tes. Metode analisis data yang digunakan adalah (1) Persentase ketuntasan hasil belajar fisika siswa; (2) Tingkat efektivitas model PBI. Dari hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Persentase ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VII-Bilinual SMP Negeri 6 Jember pokok bahasan kalor dengan model PBI, secara individual maupun klasikal sebesar 80,77 % (kategori tinggi), dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 34,67%; (2) Tingkat efektivitas pembelajaran dengan model PBI pada kelas bilingual mencapai taraf 86,44 % dan kategori efektivitas pada taraf tersebut adalah efektif, dengan peningkatan efektivitas pembelajaran sebesar 27,41%. Dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan model PBI dapat meningkatkan persentase ketuntasan dan keefektifan hasil belajar fisika siswa kelas VII-Bilingual SMP Negeri 6 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23202
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository