• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa kelas IV Mata Pelajaran Ips Topik Teknologi Transportasi Masa Lalu dan Masa Kini melalui Model Pembelajaran Kontekstual dengan Menggunakan Media Mainan dan Kartu Gambar di Sdn Karang Paiton Jember Tahun Pelajaran 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (265)x_1.pdf (609.5Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    DINI, Alfian Nur Alfian
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu pengetahuan sosial di sekolah merupakan mata pelajaran yang memadukan konsep-konsep dasar dari berbagai ilmu sosial yang disusun melaluipendekatan pendidikan dan psikologis serta kelayakan dan kebermaknaannya bagisiswa dan kehidupannya. Oleh karena itu diperlukan strategi khusus untuk mencapai tujuan dari IPS. Pembelajaran IPS di sekolah dasar pada umumnya masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah. Berdasarkan hasilobservasi di SDN Karang Paiton jember, terdapat permasalahan yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV masih kurang memenuhi kriteria ketuntasan minimalyang telah ditetapkan oleh SDN Karang Paiton Jember. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ini adalah melalui model pembelajaran Kontekstual menggunakan media mainan dan kartu gambar topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS topik teknologi transportasimasa lalu dan masa kini melalui model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media mainan dan kartu gambar di SDN Karang Paiton Jembersemester dua tahun pelajaran 2011-2012?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPStopik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini melalui model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media mainan dan kartu gambar di SDN Karang Paiton Jember semester dua tahun pelajaran 2011-2012. Hipotesis pada penelitian ini adalah jika guru menerapkan model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media mainan dan kartu gambar pada mata pelajaran IPS topik teknologi transportasi masa lalu dan masa kini maka aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karang Paiton semester dua tahun pelajaran 2011/2012 akan meningkat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23064
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository