Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pecahan Dengan Menggunakan Media Dua Dimensi (Kertas Ariston) Di Kelas III SDN Tegal Gede 01 Jember Tahun Pelajaran 2009/2010. Sih Pambudi, 070210204420,
Abstract
Pembelajaran matematika di SDN Tegal Gede 01 Jember pada umumnya
guru kelas III jarang menggunakan media pembelajaran dan menggunakan metode
ceramah. Aktivitas siswa selama pembelajaran cenderung pasif karena hanya
mendengarkan penjelasan guru saja. Berdasarkan observasi peneliti di SDN Tegal
Gede 01 Jember, ditemukan kesan dari siswa kelas III bahwa mata pelajaran
matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Dari hasil
observasi hasil belajar matematika masih tergolong rendah yaitu hasil ulangan harian
siswa belum mencapai 70% dari keseluruhan siswa yang mendapatkaan nilai 6,0.
Media potongan kertas ariston adalah media dua dimensi berupa potongan
kertas ariston yang berbentuk aneka benda datar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)
bagaimanakah penerapan penggunaan media dua dimensi pada bilangan
pecahan kelas III SDN Tegal Gege 01 Jember tahun ajaran 2009/2010 dan (2)
bagaimanakah hasil belajar siswa dalam penerapan media dua dimensi pada pokok
bahasan pecahan kelas III SDN Tegal Gede 01 Jember tahun ajaran 2009/2010.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, yang menggunakan
setting kelas III SDN Tegal Gege 01 Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal
1 Mei 2010 sampai dengan 19 Mei 2010 dalam dua siklus, meliputi: perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan
adalah (1) uji aktivitas siswa; (2) uji ketuntasan hasil belajar siswa.