PENGARUH EXPERENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA BLACKBERRY SMARTPHONE MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA IBU-IBU RUMAH TANGGA DI JEMBER.
Abstract
Gaya hidup masyarakat saat ini merubah kebutuhan telekomunikasi
menjadi sebuah kebutuhan tingkat 3. Blackberry smartphone merupakan
competitor dan trendsenter dalam dunia gadget. Untuk memenangkan persaingan
salah satunya adalah membentuk loyalitas melalui kepuasan konsumen, loyalitas
dapat diketahui dan dibangun dengan experiential marketing.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara
metode purposive sampling. Cara ini diambil dengan teknik pengambilan sampel
dengan pertimbangan tertentu, yaitu responden ibu-ibu rumah tangga yang berusi
minimal lebih dari 20 tahun dan telah memakai blackberry smarrtphone selama
lebih dari 3 bulan. Jumlah responden yang ditentukan dalam penelitian ini adalah
100. Teknik analisis yang dipakai untuk menginterpretasikan dan menganalisis
data dalam penelitian ini adalah dengan teknik
Path Analysis dari software SPSS
dan AMOS.
Hasil analisis data tersebut akan menjelaskan hubungan kausalitas variabel
yang sedang dikembangkan dalam model penelitian ini. Variabel
experiental
marketing
yang berpengaruh terhadap Kepuasan ibu-ibu rumah tangga pengguna
blackberry smartphone di Jember, dapat dijelaskan sebagai berkut:
Sense, feel, dan
relate berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen dengan
koefisien jalur sebesar 0,329;0,340;0,330. Variabel
experiental marketing yang
berpengaruh terhadap Loyalitas ibu-ibu rumah tangga pengguna blackberry
smartphone di Jember, dapat dijelaskan sebagai berkut:
Sense, think, dan relate
berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas konsumen dengan koefisien
jalur sebesar 0,220;0,279;0,320.