Show simple item record

dc.contributor.authorYunita Puspita Sari
dc.date.accessioned2014-01-24T01:19:34Z
dc.date.available2014-01-24T01:19:34Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM070210204314
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23024
dc.description.abstractProses Pembelajaran IPS di SDN Tanjungrejo 04 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember masih menerapkan metode konvensional yaitu ceramah di mana proses pembelajaran masih terfokus pada guru dan siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru sehingga hanya terjadi proses pembelajaran satu arah saja yaitu dari guru untuk siswa dan tidak terjadi timbal balik dari siswa untuk guru. Pembelajaran yang seperti ini membuat hasil belajar siswa menjadi rendah sehingga perlu diadakan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti berkoordinasi dengan guru kelas untuk menerapkan media pembelajaran yaitu media gambar pada pembelajaran IPS materi lingkungan alam dan lingkungan buatan di sekitar rumah dengan harapan hasil belajar siswa meningkat hasil belajar dan aktivitas yang terjadi di kelas lebih bermakna untuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan media pembelajaran yaitu media gambar pada pembelajaran IPS Siswa Kelas II SDN Tanjungrejo 04 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tanjungrejo 04 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember pada tanggal 18 Januari sampai dengan 10 Februari 2010. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Tanjungrejo 04 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember pada semester genap tahun ajaran 2009/2010, sebanyak 20 siswa sebagai responden penelitian. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). ix Penelitian ini menggunakan model skema penelitian Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap. Pelaksanaan terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan untuk menghitung persentase peningkatan aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan hasil observasi dan hasil tes yang dihitung dengan menggunakan rumus Pb = n/N x 100%, Pb: Persentase ketuntasan hasil belajar siswa, n: jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar, N : jumlah seluruh siswa dan Pa = skor yang diperoleh/skor maksimal x 100% dimana Pa: Persentase aktifitas siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dan aktifitas siswa mengalami peningkatan dari Siklus I dan Siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 67,5 dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas mencapai 77,5. Pada siklus I persentase aktifitas siswa sebesar 68% . Pada siklus ke II persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 80,67%. Hasil belajar IPS siswa kelas II dapat mencapai ketuntasan sesuai SKM 70dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 60% , siklus II meningkat menjadi 80%. Analisis hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media pembelajaran yaitu media gambar pada pembelajaran IPS materi lingkungan alam dan lingkungan buatan di sekitar rumah semester genap tahun ajaran 2009/2010 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204314;
dc.subjectMedia Gambaren_US
dc.titleMeningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar (visual) Dengan Pokok Bahasan Lingkungan Alam Dan Lingkungan Buatan Pada Pembelajaran IPS Kelas II SDN Tanjungrejo 04 Wuluhan Tahun Ajaran 2009/2010”en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record