Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar (visual) Dengan Pokok Bahasan Lingkungan Alam Dan Lingkungan Buatan Pada Pembelajaran IPS Kelas II SDN Tanjungrejo 04 Wuluhan Tahun Ajaran 2009/2010”
Abstract
Proses Pembelajaran IPS di SDN Tanjungrejo 04 Kecamatan Wuluhan
Kabupaten Jember masih menerapkan metode konvensional yaitu ceramah di mana
proses pembelajaran masih terfokus pada guru dan siswa hanya mendengarkan
penjelasan dari guru sehingga hanya terjadi proses pembelajaran satu arah saja yaitu
dari guru untuk siswa dan tidak terjadi timbal balik dari siswa untuk guru.
Pembelajaran yang seperti ini membuat hasil belajar siswa menjadi rendah sehingga
perlu diadakan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti berkoordinasi dengan guru
kelas untuk menerapkan media pembelajaran yaitu media gambar pada pembelajaran
IPS materi lingkungan alam dan lingkungan buatan di sekitar rumah dengan harapan
hasil belajar siswa meningkat hasil belajar dan aktivitas yang terjadi di kelas lebih
bermakna untuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan media pembelajaran yaitu media
gambar pada pembelajaran IPS Siswa Kelas II SDN Tanjungrejo 04 Kecamatan
Wuluhan Kabupaten Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tanjungrejo 04 Kecamatan Wuluhan
Kabupaten Jember pada tanggal 18 Januari sampai dengan 10 Februari 2010. Subjek
dari penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Tanjungrejo 04 Kecamatan Wuluhan
Kabupaten Jember pada semester genap tahun ajaran 2009/2010, sebanyak 20 siswa
sebagai responden penelitian. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
ix
Penelitian ini menggunakan model skema penelitian Kemmis & Mc Taggart
yang terdiri dari empat tahap. Pelaksanaan terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan
siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah utama yaitu perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes,
observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan untuk menghitung
persentase peningkatan aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa
berdasarkan hasil observasi dan hasil tes yang dihitung dengan menggunakan rumus
Pb = n/N x 100%, Pb: Persentase ketuntasan hasil belajar siswa, n: jumlah siswa
yang mengalami ketuntasan belajar, N : jumlah seluruh siswa dan Pa = skor yang
diperoleh/skor maksimal x 100% dimana Pa: Persentase aktifitas siswa
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dan aktifitas siswa
mengalami peningkatan dari Siklus I dan Siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata kelas
mencapai 67,5 dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas
mencapai 77,5. Pada siklus I persentase aktifitas siswa sebesar 68% . Pada siklus ke
II persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 80,67%. Hasil belajar IPS siswa kelas II
dapat mencapai ketuntasan sesuai SKM 70dengan persentase ketuntasan hasil
belajar siswa dari siklus I sebesar 60% , siklus II meningkat menjadi 80%.
Analisis hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan
media pembelajaran yaitu media gambar pada pembelajaran IPS materi lingkungan
alam dan lingkungan buatan di sekitar rumah semester genap tahun ajaran 2009/2010
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.