Show simple item record

dc.contributor.authorSigit Wicaksono
dc.date.accessioned2014-01-24T01:17:08Z
dc.date.available2014-01-24T01:17:08Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23019
dc.description.abstractPengajaran puisi selain membantu meningkatkan keterampilan berbahasa, pengetahuan budaya, mengembangkan daya cipta dan rasa juga dapat menunjang pembentukan watak. Oleh karena itu, sudah seharusnya apabila keterampilan menulis puisi menjadi salah satu fokus dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah. Berdasarkan hasil observasi pada prasiklus dan wawancara dengan guru kelas V SDN 02 Tapanrejo diketahui bahwa kemampuan menulis puisi siswa kelas V masih rendah. Kemampuan menulis puisi siswa dikatakan masih rendah dikarenakan antara lain 1) dari segi diksi yaitu kata yang digunakan siswa tidak mengandung unsur keindahan dan kurang bermakna, 2) tidak terdapat susunan bunyi di dalam larik puisi, 3) tema yang terdapat pada puisi tidak sesuai dengan apa yang sudah di tentukan, dan 4) banyak diantara puisi dari siswa yang tidak mempunyai judul yang tepat sehingga tidak sesuai dengan tema. Kemampuan dan kreativitas siswa dalam mencipta puisi dapat ditingkatkan jika dalam pembelajarannya menggunakan strategi yang tepat. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi, strategi pembelajaran yang digunakan adalah melalui pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar. Melalui pemanfaaatan lingkungan sebagai sumber belajar diharapkan pembelajaran akan lebih bervariasi, membangkitkan motivasi belajar siswa, mempertinggi perhatian siswa, dan memberikan pengalaman-pengalaman baru yang belum pernah diberikan guru, meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu materi menjadi lebih konkret, meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan pembelajaran akan lebih efisien dan murah dilihat dari segi biaya, tetapi tidak mengurangi kompetensi yang ingin dicapai. Lingkungan sebagai sumber belajar adalah kondisi dan alam di dunia ini yang dengan cara-cara tertentu mempangaruhi tingkah laku, pertumbuhan, dan perkembangan peserta didik serta berfungsi sebagai bahan atau sumber atau sarana yang dapat membantu menjelaskan materi yang hendak disampaikan guru. Sumber yang digunakan pada penelitian ini adalah lingkungan di sekitar sekolah yang mendukung proses pembelajaran menulis puisi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi melalui pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada siswa kelas V SDN 02 Tapanrejo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, yang menggunakan setting kelas V SDN 02 Tapanrejo Kecamatan Muncar. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 5 April 2010 sampai dengan 7 Desember 2010 dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpul data berupa lembar pedoman wawanacara, pedoman observasi aktivitas guru dan siswa, tes menulis puisi. Instrumen pemandu analisis data berupa pedoman hasil observasi, pedoman hasil wawancara, dan tabel analisis tes kemampuan menulis puisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I perolehan skor siswa pada unsur diksi adalah, skor antara 5 – 10 sebanyak 4 orang, skor antara 11 – 15 sebanyak 12 orang, skor antara 16 – 20 sebanyak 1 orang, dan skor antara 21 – 25 sebanyak 1 orang. Perolehan skor pada unsur rima yaitu dari 18 siswa yang memperoleh skor antara 11 – 15 sebanyak 10 orang, skor antara 16 – 20 sebanyak 8 orang. Perolehan skor pada unsur tema puisi dari 18 siswa yang memperoleh skor antara 5 – 10 sebanyak 7 orang, dan skor antara 11 – 15 sebanyak 11 orang. Sedangkan perolehan skor pada judul puisi yaitu dari 18 siswa yang mendapat skor antara 5 – 10 sebanyak 4 orang, skor antara 11 – 15 sebanyak 5 orang, dan yang mendapat skor antara 16 – 20 sebanyak 9 orang. Dengan demikian siswa yang memperoleh nilai 65 sebanyak 10 orang atau sekitar 55,5%, sedangkan siswa memperoleh nilai < 65 sebanyak 8 orang atau sekitar 44,5%. Peningkatan kemampuan siswa pada siklus I hanya terjadien_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204262: 2010;
dc.subjectPeningkatan Kemampuan Siswa Kelas V SDNen_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Siswa Kelas V SDN 02 Tapanrejo dalam Menulis Puisi melalui Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar. Sigit Wicaksono, 070210204262: 2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record