Show simple item record

dc.contributor.authorYunita Musyfika
dc.date.accessioned2014-01-24T01:16:56Z
dc.date.available2014-01-24T01:16:56Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM080210193024
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23017
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa yang tidak mampu menghubungkan apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dipergunakan dan dimanfaatkan. Selain itu terdapat tuntutan kurikulum untuk merubah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered learning) menjadi pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa (studentcentered learning). Di SMA Negeri 3 Bondowoso, guru mata pelajaran Biologi lebih sering menggunakan metode ceramah karena keterbatasan waktu. Model pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) merupakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa di kelas melalui proyek-proyek yang diberikan oleh guru dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan pembelajaran menggunakan model Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Bondowoso. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 3 Bondowoso, (2) untuk mengetahui perbedaan aktivitas siswa yang menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dengan aktivitas siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Bondowoso, (3) untuk mengetahui efektivitas relatif model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar biologi dan aktivitas siswa kelas X SMA Negeri 3 Bondowoso. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Bondowoso pada kelas X.2 (kelas kontrol) dan X.6 (kelas eksperimen) tahun ajaran 2011/2012. Siswa dibagi menjadi viii tujuh kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan teknik quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dan wawancara. Untuk hasil belajar kognitif, data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji normalitas menggunakan One-Sample Kolmogrov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji homogenitas (Uji Levene Statistic), dan analisis kovarian (ANAKOVA) terhadap data hasil penelitian. Sedangkan untuk hasil belajar afektif dan aktivitas dianalisis menggunakan t-tes. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 30 April sampai dengan 11 Mei 2012. Data yang dikumpulkan yaitu penilaian aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes individu. Untuk pengaruh PjBL terhadap hasil belajar kognitif diperoleh hasil sebesar 25,84±5,13 pada kelas kontrol dan 35,4±1,26 pada kelas eksperimen. Dari hasil analisis diperoleh signifikansi sebesar 0,005 (<0,005). Pada pengaruh PjBL terhadap hasil belajar afektif diperoleh hasil 49,78±15,61 pada kelas kontrol dan 86,87±12,5 pada kelas eksperimen. Dari hasil analisis diperoleh signifikansi sebesar 0,000 (<0,005). Untuk pengaruh PjBL terhadap aktivitas diperoleh hasil pada kelas kontrol pada pertemuan pertama 51,18±14,05 dan kelas eksperimen 88,12±11,75. Dari hasil analisis diperoleh signifikansi sebesar 0,000 (<0,005). Untuk keefektifan terhadap hasil belajar kognitif sebesar 15,26 %. Namun pada hasil belajar afektif besar persentase 74,49 %, dan pada aktivitas siswa didapat persentase 72,15 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran PjBL di SMA Negeri 3 Bondowoso berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi dan aktivitas siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210193024;
dc.subjectPembelajaran Berbasis Proyeken_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Hasil Belajar Biologi dan Aktivitas Siswa SMA Negeri 3 Bondowoso (Siswa Kelas X Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record