• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Hasil Belajar Biologi dan Aktivitas Siswa SMA Negeri 3 Bondowoso (Siswa Kelas X Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012)

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (310)_1.pdf (180.1Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Yunita Musyfika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa yang tidak mampu menghubungkan apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dipergunakan dan dimanfaatkan. Selain itu terdapat tuntutan kurikulum untuk merubah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered learning) menjadi pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa (studentcentered learning). Di SMA Negeri 3 Bondowoso, guru mata pelajaran Biologi lebih sering menggunakan metode ceramah karena keterbatasan waktu. Model pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) merupakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa di kelas melalui proyek-proyek yang diberikan oleh guru dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan pembelajaran menggunakan model Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Bondowoso. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 3 Bondowoso, (2) untuk mengetahui perbedaan aktivitas siswa yang menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dengan aktivitas siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Bondowoso, (3) untuk mengetahui efektivitas relatif model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar biologi dan aktivitas siswa kelas X SMA Negeri 3 Bondowoso. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Bondowoso pada kelas X.2 (kelas kontrol) dan X.6 (kelas eksperimen) tahun ajaran 2011/2012. Siswa dibagi menjadi viii tujuh kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan teknik quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dan wawancara. Untuk hasil belajar kognitif, data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji normalitas menggunakan One-Sample Kolmogrov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji homogenitas (Uji Levene Statistic), dan analisis kovarian (ANAKOVA) terhadap data hasil penelitian. Sedangkan untuk hasil belajar afektif dan aktivitas dianalisis menggunakan t-tes. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 30 April sampai dengan 11 Mei 2012. Data yang dikumpulkan yaitu penilaian aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes individu. Untuk pengaruh PjBL terhadap hasil belajar kognitif diperoleh hasil sebesar 25,84±5,13 pada kelas kontrol dan 35,4±1,26 pada kelas eksperimen. Dari hasil analisis diperoleh signifikansi sebesar 0,005 (<0,005). Pada pengaruh PjBL terhadap hasil belajar afektif diperoleh hasil 49,78±15,61 pada kelas kontrol dan 86,87±12,5 pada kelas eksperimen. Dari hasil analisis diperoleh signifikansi sebesar 0,000 (<0,005). Untuk pengaruh PjBL terhadap aktivitas diperoleh hasil pada kelas kontrol pada pertemuan pertama 51,18±14,05 dan kelas eksperimen 88,12±11,75. Dari hasil analisis diperoleh signifikansi sebesar 0,000 (<0,005). Untuk keefektifan terhadap hasil belajar kognitif sebesar 15,26 %. Namun pada hasil belajar afektif besar persentase 74,49 %, dan pada aktivitas siswa didapat persentase 72,15 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran PjBL di SMA Negeri 3 Bondowoso berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi dan aktivitas siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23017
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository