• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PENILAIAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA PADA SISWA KELAS XII SEMESTER GANJIL SMK PGRI 05 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Ires Orinyu-FKIP.pdf (715.4Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Ires Orinyu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) adalah pembelajaran yang dimulai dengan mengambil (mensimulasikan, menceritakan) kejadian pada dunia nyata kehidupan sehari-hari yang dialami siswa kemudian diangkat kedalam konsep matematika yang dibahas. Pembelajaran kontekstual mempunyai tujuh komponen utama yaitu konstruktivisme (constructivism), bertanya (questioning), menemukan (inquiry), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling), refleksi (reflection) dan penilaian sebenarnya (authentic assessment). Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas XII APK SMK PGRI 05 Jember selama ini cenderung menggunakan metode ceramah. Guru berperan lebih dominan dalam pembelajaran sehingga aktifitas siswa selama kegiatan belajar mengajar tidak tampak dan siswa cenderung pasif. Penilaian yang dilakukan di kelas XII APK ix 2 2 SMK PGRI 05 Jember selama ini hanya berdasarkan hasil tes sebagai alat ukur kemampuan siswa dan keberhasilan belajar. Akibatnya hasil belajar saja yang dinilai sedangkan proses siswa memperoleh pengetahuan terabaikan dari penilaian. Upaya lain yang dilakukan dalam penyempurnaan dan perbaikan pembelajaran perlu diiringi sistem penilaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan pembelajaran kontekstual dengan penilaian portofolio, untuk mengkaji peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran kontekstual dengan penerapan penilaian portofolio dan untuk mengkaji peningkatan ketuntasan belajar siswa setelah pembelajaran kontekstual dengan menerapkan penilaian portofolio materi statistik pada siswa kelas XII semester Ganjil SMK PGRI 05 Jember tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dimulai pada tanggal 8 – 13 Desember 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas XII APK 2 SMK PGRI 05 Jember. Siswa kelas XII APK ada 36 orang dengan 7 siswa dan 29 siswi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Penilaian dengan menggunakan penilaian berbasis portofolio merupakan penilaian dengan menggunakan kumpulan hasil pekerjaan siswa yang terdiri dari aktivitas siswa, jurnal belajar harian siswa, rangkuman, proyek, refleksi akhir pembelajaran, daftar kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal, LKS, kuis, PR dan tes. Dengan penerapan penilaian portofolio, dapat dilihat nilai siswa yang ulangannya tinggi belum tentu dalam kegiatan belajar mengajarnya aktif. Begitu juga sebaliknya, siswa yang ulangannya rendah tetapi aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan ada juga yang aktif sekaligus nilai ulangannya tinggi. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 82.6%. Sedangkan pada siklus II, ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 86.8%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan penilaian berbasis portofolio dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23003
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository