dc.contributor.author | LULUK ISNAENI | |
dc.date.accessioned | 2014-01-24T01:02:06Z | |
dc.date.available | 2014-01-24T01:02:06Z | |
dc.date.issued | 2014-01-24 | |
dc.identifier.nim | NIM070210274006 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22981 | |
dc.description.abstract | Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan
belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun
kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan bersama kelompok kecil akan
memungkinkan untuk mengalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus.
Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang
diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk
memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan
hasil belajar PKn dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model
Team Game Tournament? (b) Seberapa besar pengaruh metode pembelajaran
kooperatif terhadap motivasi belajar PKn?.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui
peningkatan prestasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif
(b) Ingin mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran kooperatif
terhadap motivasi belajar PKn (c) Memberikan gambaran metode pembelajaran
yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa aktif dalam kegiatan
belajar mengajar.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)
sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan,
kegiatan dan pengamatan, reflesks dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Klampokarum Kecamatan Tekung-Lumajang semester genap tahun
pelajaran 2009/2010. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar
observasi kegiatan belajar-mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu siklus I (66,67%), siklus II
(90,00%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif
dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas IV
SD Negeri Klampokarum Kecamatan Tekung-Lumajang semester genap tahun
pelajaran 2009/2010 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah
satu alternative pembelajaran PKn. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 070210274006; | |
dc.subject | METODE KOOPERATIF LEARNING MODEL TEAM GAME TOURNAMENT | en_US |
dc.subject | Pkn, Metode Pembelajaran Kooperatif Learning | en_US |
dc.title | UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN METODE KOOPERATIF LEARNING MODEL TEAM GAME TOURNAMENT PADA SISWA KELAS IV SDN KLAMPOKARUM LUMAJANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2009/2010 | en_US |
dc.type | Other | en_US |