• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN METODE KOOPERATIF LEARNING MODEL TEAM GAME TOURNAMENT PADA SISWA KELAS IV SDN KLAMPOKARUM LUMAJANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    Unlock-gdlhub-gdl-lulukisnae-3424-1-lulukis-f_1.pdf (117.0Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    LULUK ISNAENI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan bersama kelompok kecil akan memungkinkan untuk mengalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar PKn dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Team Game Tournament? (b) Seberapa besar pengaruh metode pembelajaran kooperatif terhadap motivasi belajar PKn?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif (b) Ingin mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran kooperatif terhadap motivasi belajar PKn (c) Memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, reflesks dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Klampokarum Kecamatan Tekung-Lumajang semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar-mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu siklus I (66,67%), siklus II (90,00%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Klampokarum Kecamatan Tekung-Lumajang semester genap tahun pelajaran 2009/2010 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PKn.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22981
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository