• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL INKUIRI MELALUI SUMBER BELAJAR KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMP (Studi Penelitian Pokok Bahasan Bunyi Kelas VIII di SMP 1 Arjasa Jember Tahun Ajaran 2007/2008)

    Thumbnail
    View/Open
    Unlock-gdlhub-gdl-lulukmaslu-7005-1-lulukma-h_1.pdf (316.0Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Luluk Masluhah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan penyempurnaan dari kurikulum 2004 yang menekankan pada Contekstual Teaching Learning (CTL). Dalam pembelajaran CTL, inkuiri masih menjadi inti dalam proses pembelajaran. Penerapan model inkuiri tidak akan berhasil tanpa adanya sumber belajar. Kurangnya sumber belajar dan kemampuan mengembangkan serta memanfaatkan sumber belajar sangat berdampak pada sulitnya mengarahkan dan menanamkan sikap berkarya yang sesuai dengan konsep fisika. Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) adakah perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara model inkuiri melalui sumber belajar kontekstual dengan pembelajaran konvensional?; (2) bagaimana efektifitas penerapan model inkuiri melalui sumber belajar kontekstual dalam pembelajaran fisika SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji adakah perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara model inkuiri melalui sumber belajar kontekstual dengan pembelajaran konvensional; (2) mengkaji bagaimana efektifitas penerapan model inkuiri melalui sumber belajar kontekstual dalam pembelajaran fisika SMP. Manfaat yang diperoleh dalam penelitian ini antara lain: (1) bagi siswa, sebagai motivasi untuk belajar mandiri menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan siswa, bahan pelajaran dan perkembangan IPTEK; (2) bagi guru dan calon guru, sebagai masukan dalam pemanfaatan sumber belajar kontekstual dalam pembelajaran fisika; dan (3) bagi sekolah, sebagai alternatif dalam menentukan model pembelajaran yang tepat untuk menciptakan kemandirian siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Arjasa Jember mulai 4- 26 Februari 2008. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah dokumentasi, tes, observasi dan wawancara. Analisis uji t-tes digunakan untuk menjawab permasalahan pertama dan permasalahan kedua menggunakan uji efektifitas. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan t-tes didapatkan harga thitung lebih besar dari pada t-tabel sehingga H o ditolak. Kesimpulannya ada perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara pembelajaran dengan model Inkuiri melalui sumber belajar kontekstual dengan pembelajaran konvensional. Hasil dianalisis efektifitas pembelajaran yang menunjukkan bahwa efektifitas pembelajaran pada kelas eksperimen (VIII-A) mencapai 89.186% (efektif) sedangkan pada kelas kontrol (VIII-C) mencapai 41.032% (tidak efektif). Hal ini berarti H ditolak sehingga kesimpulannya adalah efektifitas penerapan model inkuiri melalui sumber kontekstual lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. o Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang menerapkan model inkuiri melalui sumber belajar kontekstual dengan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan bunyi kelas VIII semester 2 di SMP Negeri 1 Arjasa tahun ajaran 2007/ 2008; (2) penerapan model inkuiri melalui sumber kontekstual efektif diterapkan dalam pembelajaran fisika SMP pada pokok bahasan bunyi kelas VIII semester 2 di SMP Negeri 1 Arjasa tahun ajaran 2007/ 2008.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22971
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository