• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALISATION, INTELECTUALLY (SAVI) PADA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT SEGI EMPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA KELAS V SD NU 09 AMPEL WULUHAN TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    LAILATUL MAHMUDAH_1.pdf (350.1Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    LAILATUL MAHMUDAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah skema model Hopskins meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD NU 09 Ampel Wuluhan yang bejumlah 15 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dimulai tanggal 13 Februari 2013 sampai 13 Mei 2013. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dengan baik dan lancar. Peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I yaitu somatic sebesar 64%, auditory sebesar 64%, visualisation sebesar 57,78%, dan intelectually sebesar 60%. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus II yaitu somatic sebesar 84,44%, auditory sebesar 84,44%, visualisation sebesar 86,67%, dan intelectually sebesar86,67%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal 66,67% dan pada siklus II sebesar 80%. Dengan demikian, secara klasikal hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 13,33%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan SAVI pada pokok bahasan sifat-sifat segi empat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD NU 09 Ampel Wuluhan dari siklus I ke siklus II, serta dapat berjalan dengan baik dan lancar. Saran dari penelitian ini adalah pendekatan pada penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pemilihan pendekatan di kelas dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan mutu sekolah, bagi guru yang hendak menggunakan pendekatan SAVI, sebaiknya mempersiapkan mengusai materi dengan sebaik mungkin dan juga memahami SAVI, serta menyiapkan alat dan media pembelajaran dengan sebaik mungkin, serta hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk melaksanakan penelitian yang sejenis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22957
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository