PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALISATION, INTELECTUALLY (SAVI) PADA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT SEGI EMPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA KELAS V SD NU 09 AMPEL WULUHAN TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah skema model Hopskins meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD NU 09 Ampel Wuluhan yang bejumlah 15 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dimulai tanggal 13 Februari 2013 sampai 13 Mei 2013.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dengan baik dan lancar. Peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I yaitu somatic sebesar 64%, auditory sebesar 64%, visualisation sebesar 57,78%, dan intelectually sebesar 60%. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus II yaitu somatic sebesar 84,44%, auditory sebesar 84,44%, visualisation sebesar 86,67%, dan intelectually sebesar86,67%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal 66,67% dan pada siklus II sebesar 80%. Dengan demikian, secara klasikal hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 13,33%.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan SAVI pada pokok bahasan sifat-sifat segi empat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD NU 09 Ampel Wuluhan dari siklus I ke siklus II, serta dapat berjalan dengan baik dan lancar. Saran dari penelitian ini adalah pendekatan pada penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pemilihan pendekatan di kelas dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan mutu sekolah, bagi guru yang hendak menggunakan pendekatan SAVI, sebaiknya mempersiapkan mengusai materi dengan sebaik mungkin dan juga memahami SAVI, serta menyiapkan alat dan media pembelajaran dengan sebaik mungkin, serta hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk melaksanakan penelitian yang sejenis.