Show simple item record

dc.contributor.authorYulidasari
dc.date.accessioned2014-01-24T00:14:06Z
dc.date.available2014-01-24T00:14:06Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM080110201074
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22832
dc.description.abstractIklanmerupakan suatu kegiatan penawaran kepada suatu kelompok masyarakat yang disampaikan secara lisan atau tulis tentang suatu produk, jasa, ide, atau gagasan. Pada dasarnya iklan bersifat membujuk pemirsa dengantujuan menimbulkan hasrat untuk membeli. Banyaknya iklan produk yang ditayangkan memberikan pesan pada khalayak umum, bahwasannya iklan memiliki tujuan untuk memperkenalkan suatu produk. Pilihan kata yang dituturkan para bintang iklan pada isi iklan dapat mempengaruhi khalayak umum. Iklan memiliki keterkaitan dengan kajian tindak tutur sebagai peristiwa berbahasa dalam berkomunikasi antar masyarakat. Tindak tutur sebagai wujud peristiwa komunikasi mempunyai fungsi, mengandung maksud, dan tujuantertentu, sertadapat menimbulkan pengaruh pada mitratutur. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: jenis tindak tutur ilokusi, fungsi tindak tutur perlokusi yang terdapat dalam wacana iklan produk Unilever dan tanggapan penonton terhadap iklan Unilever di televisi. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dibedakanatas jenis tindak ilokusi, fungsi tindak tutur perlokusi dan tanggapan penontonterhadap iklan dari produk Unilever. Informan untuk tanggapan mengenai iklan berupa orang-orang yang pernah menyaksikan iklan produk Unilever di televisi. Jumlah produk Unilever yang diteliti sebanyak 28data, dan jumlah informan sebanyak 8 orang. Lokasi wawancara dilakukan di Banyuwangi. Peneliti menggunakan metode penelitian yang meliputi tiga tahap, yaitu (1) tahap penyediaan data; (2) tahap analisis data; dan (3) tahap penyajian hasil analisis data. Metode penyediaan data yang digunakan adalah metode simak yang menggunakan metode simak bebas libat cakap (SBLC), kemudian untuk informan menggunakan metode cakap dan teknik catat. Dalam menganalisis data, peneliti memilah antara tindak tutur ilokusi dan tindak tutur perlokusinya dilihat dari konteksnya. Selain itu, untuk mendeskripsikan permasalah, pertama, kedua, dan ketiga, peneliti menggunakan analisis penelitian deskriptif. Metode penyajian hasil analisis data yang digunakan yaitu metode penyajian informal. Dari lima jenis tindak tutur ilokusi yakni, asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif, pada iklan produk Unileverditemukan empat jenis tindak tutur, yakni aserif, direktif, komisif dan ekspresif. Dari lima jenis tindak tutur ilokusi asertif yakni menyatakan, membanggakan, mengusulkan, melaporkan, dan menuntut, yang ditemukan adalah membanggakan, dan menyatakan. Tindak tutur jenis direktif yang ditemukan yakni memerintah, yang tidak ditemukan yakni meminta, memesan, dan memohon. Tindak tutur komisif yang ditemukan yakni menawarkan, sedangkan tindak tutur jenis ekspresif yang ditemukan yakni memuji. Dari empat fungsi tindak tutur perlokusi yakni, representatif, direktif, ekspresif, dan komisif, pada iklan produk Unilever ditemukan dua fungsi tindak tutur perlokusi, yakni representatif dan direktif. Dari fungsi tindak tutur perlokusi representatif yang ditemukan adalah menyatakan, menunjukkan, dan menyebutkan. Fungsi tindak tutur perlokusi direktif yang ditemukan adalah mengajak dan menyarankan. Dari tanggapan penonton terhadap iklan produk Unilever sebagian besar responden menyatakan bahwa iklan produk Unilever termasuk iklan yang menarik, karena terdapat unsur kreatif dan unik. Namun, ada juga beberapa responden yang menyatakan bahwa iklannya ada yang membingungkan. Pesan yang disampaikan dalam iklan sudah menggambarkan tentang kemampuan atau kelebihan produk. Selain sebagai cara untuk promosi produknya, Unilever juga membungkus visualisasi iklan dengan menampilkan realitas sosial dilengkapi dengan unsur mendidik dan menghibur.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080110201074;
dc.subjectTUTUR ILOKUSI DAN PERLOKUSIen_US
dc.titleTINDAK TUTUR ILOKUSI DAN PERLOKUSI DALAM WACANA IKLAN PRODUK PT. UNILEVER INDONESIA DI TELEVISIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record