Show simple item record

dc.contributor.authorLutfia Anggraini
dc.date.accessioned2014-01-24T00:01:10Z
dc.date.available2014-01-24T00:01:10Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM080210204021
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22790
dc.description.abstractPendidikan pada dasarnya adalah suatu upaya untuk memberi bekal kepada peserta didik agar kelak dapat hidup mandiri di masyarakat, tanggap terhadap segala permasalahan serta memiliki keterampilan untuk menyelesaikan masalah. Dalam rangka meningkatkan keefektifan pembelajaran matematika, guru hendaknya memiliki kompetensi untuk memilih model pembelajaran yang tepat. Dalam penyelesaian soal cerita materi pecahan, siswa kelas IVB SDN Kebonsari 04 Jember mengalami kesulitan. Hal ini disebabkan siswa kurang memahami kalimat dalam soal, kurang memahami operasi yang diperlukan, dan tidak dapat mengkaitkan penyelesaian kedalam masalah sehari-hari. Untuk mengatasi hal tersebut digunakan pembelajaran Polya yang terdiri dari 4 tahapan yaitu, tahap memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan mengecek kembali. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran menggunakan metode diskusi dalam menyelesaikan soal cerita menurut Polya pada pokok bahasan pecahan di kelas IVB SDN Kebonsari 04 Jember semester II tahun pelajaran 2011/2012 dan bagaimanakah peningkatkan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran menggunakan metode diskusi dalam menyelesaikan soal cerita menurut Polya pada pokok bahasan pecahan pada kelas IVB SDN Kebonsari 04 Jember semester II tahun pelajaran 2011/2012. Tujuannya mendeskripsikan penerapan pembelajaran menggunakan metode diskusi dalam menyelesaikan soal cerita menurut Polya pada pokok bahasan pecahan di kelas IVB SDN Kebonsari 04 Jember tahun pelajaran 2011/2012 dan mengetahui dan mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode diskusi dalam menyelesaikan soal cerita menurut Polya pada pokok bahasan pecahan di kelas IVB SDN Kebonsari 04 Jember pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bertempat di kelas IVB SDN Kebonsari 04 Jember dengan jumlah keseluruhan 40 siswa, 17 laki-laki dan 23 perempuan. Aspek yang menjadi indikator keberhasilan penelitian ini meliputi: Keterampilan memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan mengecek kembali. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa nilai siswa sebelum penelitian, nilai siswa pada akhir tes siklus 1 dan 2, analisis hasil siswa dalam menyelesaikan soal cerita serta jawaban siswa dan guru terhadap wawancara. Pengambilan data ini dilaksanakan pada tanggal 20 Januarai sampai 5 Mei 2012. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah analisis hasil kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita menurut Polya ini pada mata pelajaran matematika pokok bahasan pecahan mengalami peningkatan. Hal ini terbukti pada siklus I tahap memahami masalah sebesar 80,00%, membuat rencana 57,5%, melaksanakan rencana 73,75%, mengecek kembali 53,75%. Pada siklus II tahap memahami masalah sebesar 91,25%, membuat rencana 73,75%, melaksanakan rencana 85,00%, dan mengecek kembali 73,75%. Pada analisis hasil tes akhir, keterampilan memahami masalah meningkat sebesar 11,25%, keterampilan membuat rencana 16,25%, keterampilan melaksanakan rencana 11,25%, dan keterampilan mengecek kembali sebesar 20%. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 67,50% dan pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 80,00%. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu siswa diharapkan tidak lupa untuk melakukan keempat tahapan dengan runtut dan dapat bekerjasama dengan baik selama kegiatan pembelajaran matematika, sementara guru hendaknya guru dapat menerapkan pembelajaran Polya ini pada setiap pemecahan masalah soal cerita matematikaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204021;
dc.subjectMETODE DISKUSIen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MENURUT POLYA MELALUI METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DI SDN KEBONSARI 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record