dc.description.abstract | Observasi awal menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPS siswa
kelas V SDN Sugerlor 3 Bondowoso masih kurang. Dari segi metode yang digunakan
oleh guru, metode yang digunakan kurang bervariasi yaitu ceramah, tanya jawab dan
penugasan. Selain itu minat siswa untuk belajar IPS sangat kurang. Dengan
mempertimbangkan karakteristik materi, karakteristik siswa dan kemampuan guru
melaksanakan metode, peneliti menggunakan metode Cooperative Script untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Sugerlor 3
Bondowoso pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Peristiwa-Peristiwa
Mempertahankan Kemerdekaan RI pada Tahun Pelajaran 2010/2011. Untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas, metode Cooperative Script
memiliki banyak kelebihan yang sangat cocok dengan materi tersebut, pelaksanaan
metode Cooperative Script melibatkan 4 kemampuan siswa sekaligus, yaitu
kemampuan membaca (pemahaman), kemampuan menulis, kemampuan
mendengarkan (menyimak) dan kemampuan berbicara. Sehingga pembelajarannya
akan lebih bermakna dan menantang bagi siswa. Berdasarkan alasan yang telah
dikemukakan, penelitian ini mengangkat permasalahan: Bagaimanakah peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan metode Cooperative
Script pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Peristiwa-peristiwa mempertahankan
kemerdekaan RI di SDN Sugerlor 3 Bondowoso pada tahun pelajaran 2010/2011?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas V melalui penerapan metode Cooperative Script pada mata pelajaran IPS pokok
x
bahasan Peristiwa-peristiwa mempertahankan kemerdekaan RI di SDN Sugerlor 3
Bondowoso pada Tahun Pelajaran 2010/2011.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara,
dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa selama
pembelajaran yang menggunakan metode Cooperative Script sangat baik,
pelaksanaan di tiap siklusnya menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Pada
siklus I aktivitas siswa masih termasuk dalam kategori cukup aktif kemudian pada
siklus II aktivitas siswa meningkat dan termasuk dalam kategori aktif. Sedangkan
hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari tahap prasiklus sampai kesiklus
akhir yaitu siklus II. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa adalah 63,3,
kemudian meningkat pada siklus I menjadi 74,4. Pada siklus II rata-rata hasil belajar
siswa kelas V meningkat lagi menjadi 78,4.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode Cooperative Script
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada pokok bahasan
peristiwa-peristiwa mempertahankan kemerdekaan RI di SDN Sugerlor 3 Bondowoso
pada tahun Pelajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan
saran, bagi guru: penerapan metode Coopertive Script dapat dijadikan salah satu
alternatif metode untuk diterapkan di kelas dan juga sebagai motivasi bagi guru untuk
menerapkan metode-metode yang bervariatif dalam pembelajaran, dalam penerapan
metode Cooperative Script maupun metode-metode lain sebaiknya semua siswa
memahami langkah-langkah yang harus dilakukan dalam kegiatan agar pembelajaran
berjalan baik dan lancar. Bagi peneliti lain, perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut
mengenai metode Cooperative Script serta mengkombinasikan dengan metode lain
agar tujuan pembelajaran tercapai. | en_US |