PERBEDAAN PARTISIPASI SISWA DALAM KOPERASI SEKOLAH DITINJAU DARI JENIS KELAMIN DAN PENGALAMAN ORGANISASI (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 1 TANGGUL TAHUN 2010/2011)
Abstract
Adanya koperasi sekolah sangat penting sekali, mengingat koperasi sekolah
merupakan salah satu media pendidikan bagi para siswa untuk belajar melakukan
usaha atau latihan berkoperasi, mengembangkan kemampuan berorganisasi,
mendorong untuk berinovasi, dan sebagainya. Maka untuk mendukung
keberlangsungan koperasi sekolah, dibutuhkan partisipasi aktif dari para siswa,
namun pada saat ini peran siswa dalam koperasi sekolah masih minim. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan partisipasi siswa laki-laki dan
perempuan dalam koperasi sekolah dan juga untuk mengetahui perbedaan yang
signifikan partisipasi siswa yang memiliki pengalaman organisasi dan yang tidak
memiliki pengalaman organisasi dalam koperasi sekolah (studi kasus pada siswa
kelas XI jurusan pemasaran SMK Negeri 1 Tanggul Tahun 2010/2011). Apakah ada
perbedaan partisipasi antara siswa perempuan dan siswa laki-laki serta antara siswa
yang memiliki pengalaman organisasi dengan siswa yang tidak memiliki pengalaman
organisasi.
Jenis penelitian ini adalah causal comparative dengan menggunakan
pendekatan analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan metode
pengumpulan data yang meliputi observasi, angket, dokumentasi dan wawancara.
Jumlah responden adalah 114 siswa yang pengambilannya menggunakan populasi
sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji-t. Hasil uji normalitas