Show simple item record

dc.contributor.authorYeni Puji Astuti
dc.date.accessioned2014-01-23T23:35:56Z
dc.date.available2014-01-23T23:35:56Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM060210102003
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22710
dc.description.abstractFisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), yaitu suatu ilmu yang mempelajari gejala dan peristiwa atau fenomena alam serta berusaha untuk mengungkap segala rahasia dan hukum semesta. Fisika menguraikan dan menganalisis struktur dan peristiwa-peristiwa di alam, teknik, dan lingkungan sekitar. Tujuan pembelajaran Fisika di SMP secara umum adalah memberikan pengetahuan tentang fisika, kemampuan dalam keterampilan proses serta meningkatkan kreatifitas dan sikap ilmiah. Pembenahan dalam proses belajar mengajar fisika harus dilakukan untuk menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai kualitas pembelajaran fisika sesuai dengan tujuan pendidikan. Dengan demikian, seorang guru harus berupaya menciptakan lingkungan belajar yang mendorong siswa belajar atau memberi kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif mengkonstruksi konsep-konsep yang dipelajarinya dengan menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, media dan model pembelajaran yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang mampu membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi pembelajaran fisika yaitu Model Cooperative Learning dengan Metode Cooperative Script. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika yang menggunakan Model Cooperative Learning dengan Metode Cooperative Script dan pembelajaran konvensional di SMP, (2) mengkaji aktivitas belajar siswa dengan menggunakan Model Cooperative Learning dengan Metode Cooperative Script dalam pembelajaran fisika di SMP, dan (3) mengkaji vii retensi hasil belajar dengan menggunakan Model Cooperative Learning dengan Metode Cooperative Script dalam pembelajaran fisika di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sukowono. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji 𝑡 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan ketiga serta menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisis data menggunakan uji 𝑡 untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa diperoleh nilai 𝑡 ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 3,06 dan nilai 𝑡 viii 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,996 sehingga 𝑡 > 𝑡 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 , maka hipotesis nihil (𝐻 0 ) ditolak dan hipotesis kerja (𝐻 ) diterima. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 79,96 % dan termasuk pada kategori aktif. Analisis data menggunakan uji 𝑡 untuk mengetahui retensi hasil belajar diperoleh nilai 𝑡 ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 𝑎 = 1,896 sehingga −2,026 < 𝑡 ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 < 2,026, maka hipotesis nihil (𝐻 0 ) diterima dan hipotesis kerja (𝐻 ditolak. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika yang menggunakan Model Cooperative Learning dengan Metode Cooperative Script dan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukowono tahun ajaran 2010/2011, (2) aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukowono tahun ajaran 2010/2011 selama mengikuti pembelajaran fisika yang menggunakan Model Cooperative Learning dengan Metode Cooperative Script termasuk dalam kategori aktif, dan (3) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara nilai post-test dan nilai tes tunda siswa mengggunakan Model Cooperative Learning dengan Metode Cooperative Script. Dengan kata lain, penggunaan Model Cooperative Learning dengan Metode Cooperative Script dapat membuat retensi hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukowono tahun ajaran 2010/2011 yang baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210102003;
dc.subjectCOOPERATIVE LEARNING , COOPERATIVE SCRIPTen_US
dc.titlePENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record