Show simple item record

dc.contributor.authorYovanti Armella Putri
dc.date.accessioned2014-01-23T23:02:25Z
dc.date.available2014-01-23T23:02:25Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM080210193039
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22662
dc.description.abstractPPL merupakan program awal penyiapan mahasiswa yang memilih karir sebagai seorang guru. Jadi, mahasiswa PPL merupakan mahasiswa yang masih dalam taraf belajar sehingga masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan baik dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran maupun evaluasi. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa PPL belum sepenuhnya dapat menilai keberhasilan siswa karena alat ukur yang dikembangkan buruk, sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai. Oleh karena itu, guru PPL harus melakukan analisis soal untuk mengetahui kualitas dari soal tersebut agar dapat sepenuhnya menilai hasil belajar siswa secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik guru PPL Biologi FKIP Universitas Jember dalam menyusun soal ulangan harian, menganalisis tingkat validitas dan reliabilitas soal dan menguji hubungan kualitas soal ulangan harian yang dikembangkan oleh guru PPL Biologi FKIP Universitas Jember terhadap tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran Biologi kelas VII pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMP Negeri Kabupaten Jember. Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai peneliti maka jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survay dan dokumentasi dengan jumlah responden 9 orang pada 4 sekolah. Penelitian ini menilai tentang teknik guru menyusun soal, validitas isi, validitas kriteria dan juga reliabilitas soal ulangan. Penghitungan validitas kriteria menggunakan rumus Product Moment sedangkan reliabilitas soal ulangan harian menggunakan rumus K-R 20 (Kuder Richardson 20). Data yang diperoleh dalam bentuk data kuantitatif dan kualitatif kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS 18 For windows dengan jenis analisis korelasi korelasi Kendall’s Tau. Berdasarkan hasil analisis data tentang teknik guru PPL Biologi FKIP Universitas Jember dalam menyusun soal ulangan harian diketahui bahwa kategori sangat baik berjumlah 63% kategori baik berjumlah 33%. Berdasarkan hasil analisis validitas isi soal memiliki validitas isi dengan kategori sangat baik berjumlah 18% dan untuk kategori baik berjumlah 82%. Untuk analisis validitas kriteria didapatkan hasil bahwa soal dengan kategori validitas kriteria kategori tinggi berjumlah 8%, untuk kategori cukup berjumlah 22%, validitas kriteria rendah berjumlah 31% dan kategori sangat rendah berjumlah 39%. Berdasarkan hasil analisis reliabilitas dengan kategori sangat tinggi berjumlah 9% dan untuk kategori tinggi berjumlah 18%, kategori cukup berjumlah 45% dan kategori rendah berjumlah 27%. Untuk analisis hubungan kualitas soal ulangan harian dan ketercapaian tujuan pembelajaran didapatkan bahwa nilai probabilitas validitas dan reliabilitas lebih dari 0,05 (p validitas isi =0,136; p validitas kriteria= 0,616; p reliabilitas= 0,43). Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa guru PPL Biologi FKIP Universitas Jember pada semester genap tahun ajaran 2011/2012: 1) memiliki teknik menyusun soal ulangan harian terbanyak dengan kategori sangat baik, artinya dalam menyusun soal ulangan harian telah sesuai langkah-langkah penyusunan soal; 2) memiliki validitas isi soal terbanyak dengan kategori baik yaitu soal tersebut telah sesuai dengan tujuan pembelajaran; memiliki validitas kriteria soal terbanyak dengan kategori rendah dan sangat rendah yaitu tidak memiliki kesejajaran dengan skor total, memiliki tingkat reliabilitas soal yang terbanyak dengan kategori cukup yaitu apabila diujikan berulang-ulang akan memberikan hasil yang mungkin sama; 3) kualitas soal yang dikembangkan berhubungan tidak signifikan terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210193039;
dc.subjectKUALITAS SOAL ULANGAN HARIANen_US
dc.titleKUALITAS SOAL ULANGAN HARIAN YANG DIKEMBANGKAN OLEH GURU PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DAN TINGKAT KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VII DI SMP NEGERI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record