KUALITAS SOAL ULANGAN HARIAN YANG DIKEMBANGKAN OLEH GURU PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DAN TINGKAT KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VII DI SMP NEGERI KABUPATEN JEMBER
Abstract
PPL merupakan program awal penyiapan mahasiswa yang memilih karir
sebagai seorang guru. Jadi, mahasiswa PPL merupakan mahasiswa yang masih dalam
taraf belajar sehingga masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan baik dalam
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran maupun evaluasi. Evaluasi
pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa PPL belum sepenuhnya dapat menilai
keberhasilan siswa karena alat ukur yang dikembangkan buruk, sehingga tujuan
pembelajaran tidak tercapai. Oleh karena itu, guru PPL harus melakukan analisis soal
untuk mengetahui kualitas dari soal tersebut agar dapat sepenuhnya menilai hasil
belajar siswa secara maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik guru PPL Biologi FKIP
Universitas Jember dalam menyusun soal ulangan harian, menganalisis tingkat
validitas dan reliabilitas soal dan menguji hubungan kualitas soal ulangan harian yang
dikembangkan oleh guru PPL Biologi FKIP Universitas Jember terhadap tingkat
ketercapaian tujuan pembelajaran Biologi kelas VII pada semester genap tahun ajaran
2011/2012 di SMP Negeri Kabupaten Jember.
Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai peneliti maka jenis penelitian ini
adalah penelitian deskriptif dengan metode survay dan dokumentasi dengan jumlah
responden 9 orang pada 4 sekolah. Penelitian ini menilai tentang teknik guru
menyusun soal, validitas isi, validitas kriteria dan juga reliabilitas soal ulangan.
Penghitungan validitas kriteria menggunakan rumus Product Moment sedangkan
reliabilitas soal ulangan harian menggunakan rumus K-R 20 (Kuder Richardson 20).
Data yang diperoleh dalam bentuk data kuantitatif dan kualitatif kemudian dianalisis
dengan menggunakan SPSS 18 For windows dengan jenis analisis korelasi korelasi
Kendall’s Tau.
Berdasarkan hasil analisis data tentang teknik guru PPL Biologi FKIP
Universitas Jember dalam menyusun soal ulangan harian diketahui bahwa kategori
sangat baik berjumlah 63% kategori baik berjumlah 33%. Berdasarkan hasil analisis
validitas isi soal memiliki validitas isi dengan kategori sangat baik berjumlah 18%
dan untuk kategori baik berjumlah 82%. Untuk analisis validitas kriteria didapatkan
hasil bahwa soal dengan kategori validitas kriteria kategori tinggi berjumlah 8%,
untuk kategori cukup berjumlah 22%, validitas kriteria rendah berjumlah 31% dan
kategori sangat rendah berjumlah 39%. Berdasarkan hasil analisis reliabilitas dengan
kategori sangat tinggi berjumlah 9% dan untuk kategori tinggi berjumlah 18%,
kategori cukup berjumlah 45% dan kategori rendah berjumlah 27%. Untuk analisis
hubungan kualitas soal ulangan harian dan ketercapaian tujuan pembelajaran
didapatkan bahwa nilai probabilitas validitas dan reliabilitas lebih dari 0,05 (p
validitas isi =0,136; p validitas kriteria= 0,616; p reliabilitas= 0,43).
Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa guru PPL Biologi FKIP
Universitas Jember pada semester genap tahun ajaran 2011/2012: 1) memiliki teknik
menyusun soal ulangan harian terbanyak dengan kategori sangat baik, artinya dalam
menyusun soal ulangan harian telah sesuai langkah-langkah penyusunan soal; 2)
memiliki validitas isi soal terbanyak dengan kategori baik yaitu soal tersebut telah
sesuai dengan tujuan pembelajaran; memiliki validitas kriteria soal terbanyak dengan
kategori rendah dan sangat rendah yaitu tidak memiliki kesejajaran dengan skor total,
memiliki tingkat reliabilitas soal yang terbanyak dengan kategori cukup yaitu apabila
diujikan berulang-ulang akan memberikan hasil yang mungkin sama; 3) kualitas soal
yang dikembangkan berhubungan tidak signifikan terhadap ketercapaian tujuan
pembelajaran.