Show simple item record

dc.contributor.authorRina Dwi Setiyowati
dc.date.accessioned2014-01-23T12:29:23Z
dc.date.available2014-01-23T12:29:23Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM050210101008
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22570
dc.description.abstractBerdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Mayang diperoleh bahwa pola pembelajaran yang digunakan cenderung berpusat pada guru. Guru kurang melatihkan diskusi kelompok, dan guru hanya menilai siswa dari hasil akhirnya saja sedangkan prosesnya tidak dinilai. Selain itu, guru merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan belajar mengajar secara mandiri sehingga strategi yang dikembangkan cenderung dilakukan secara soliter. Solusi untuk memecahkan masalah tersebut yaitu dengan pembelajaran kooperatif model STAD dengan penerapan team teaching. Pembelajaran kooperatif model STAD dengan penerapan team teaching akan memudahkan guru dalam mengatur kondisi kelas dan membimbing kelompok yang mengalami kesulitan dalam belajar karena pembagian tugas untuk membimbing kelompok sudah diatur dan disusun secara bersama-sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif model STAD dengan penerapan team teaching, aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran berlangsung, dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif model STAD dengan penerapan team teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan terhadap siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Mayang. Data penelitian adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif yaitu data aktivitas siswa dan aktivitas team teaching. Data kuantitatif yaitu data prosentase aktivitas siswa dan guru vii ketuntasan hasil belajar secara klasikal. Metode yang digunakan untuk pengambilan data adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan tindakan pada siklus 1 dan 2 pada tanggal 14 – 27 Januari 2010, diperoleh hasil bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dengan penerapan team teaching pada penelitian ini diawali dengan tahap presentasi oleh guru yang tergabung dalam team teaching dengan menggunakan metode ceramah yang kemudian dilanjutkan dengan kerja kelompok dalam menyelesaikan masalah pada lembar kerja. Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi kelompok setelah lembar kerja telah selesai dikerjakan. Setelah presentasi dilaksanakan maka masing-masing siswa akan diberikan kuis secara individual. Poin perbaikan dihitung berdasarkan hasil kuis dan nilai dasar. Setelah itu, guru Berdasarkan tindakan siklus 1 dan siklus 2 diketahui bahwa ada peningkatan prosentase aktivitas siswa secara klasikal sebesar 6,52% yaitu dari 82,22% menjadi 88,74%. Prosentase rata-rata aktivitas guru Berdasarkan data di atas diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif model STAD dengan penerapan team teaching dapat meningkatkan hasil belajar keliling dan luas lingkaran pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Mayang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210101008;
dc.subjectSTAD, Team Teachingen_US
dc.titlePEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD DENGAN PENERAPAN TEAM TEACHING PADA KELILING DAN LUAS LINGKARAN DI KELAS VIIIA SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 MAYANG TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record