• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD DENGAN PENERAPAN TEAM TEACHING PADA KELILING DAN LUAS LINGKARAN DI KELAS VIIIA SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 MAYANG TAHUN AJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    rina.pdf (66.28Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Rina Dwi Setiyowati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Mayang diperoleh bahwa pola pembelajaran yang digunakan cenderung berpusat pada guru. Guru kurang melatihkan diskusi kelompok, dan guru hanya menilai siswa dari hasil akhirnya saja sedangkan prosesnya tidak dinilai. Selain itu, guru merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan belajar mengajar secara mandiri sehingga strategi yang dikembangkan cenderung dilakukan secara soliter. Solusi untuk memecahkan masalah tersebut yaitu dengan pembelajaran kooperatif model STAD dengan penerapan team teaching. Pembelajaran kooperatif model STAD dengan penerapan team teaching akan memudahkan guru dalam mengatur kondisi kelas dan membimbing kelompok yang mengalami kesulitan dalam belajar karena pembagian tugas untuk membimbing kelompok sudah diatur dan disusun secara bersama-sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif model STAD dengan penerapan team teaching, aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran berlangsung, dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif model STAD dengan penerapan team teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan terhadap siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Mayang. Data penelitian adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif yaitu data aktivitas siswa dan aktivitas team teaching. Data kuantitatif yaitu data prosentase aktivitas siswa dan guru vii ketuntasan hasil belajar secara klasikal. Metode yang digunakan untuk pengambilan data adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan tindakan pada siklus 1 dan 2 pada tanggal 14 – 27 Januari 2010, diperoleh hasil bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dengan penerapan team teaching pada penelitian ini diawali dengan tahap presentasi oleh guru yang tergabung dalam team teaching dengan menggunakan metode ceramah yang kemudian dilanjutkan dengan kerja kelompok dalam menyelesaikan masalah pada lembar kerja. Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi kelompok setelah lembar kerja telah selesai dikerjakan. Setelah presentasi dilaksanakan maka masing-masing siswa akan diberikan kuis secara individual. Poin perbaikan dihitung berdasarkan hasil kuis dan nilai dasar. Setelah itu, guru Berdasarkan tindakan siklus 1 dan siklus 2 diketahui bahwa ada peningkatan prosentase aktivitas siswa secara klasikal sebesar 6,52% yaitu dari 82,22% menjadi 88,74%. Prosentase rata-rata aktivitas guru Berdasarkan data di atas diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif model STAD dengan penerapan team teaching dapat meningkatkan hasil belajar keliling dan luas lingkaran pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Mayang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22570
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository