Show simple item record

dc.contributor.authorRACHMAWATI RAHARDJO
dc.date.accessioned2014-01-23T12:27:05Z
dc.date.available2014-01-23T12:27:05Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM050210191097
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22569
dc.description.abstractSalah satu cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan, sedangkan mutu pendidikan di Indonesia masih sangat rendah. Indikator rendahnya mutu pendidikan nasional dapat dilihat pada prestasi siswa. Prestasi siswa pada ujian nasional memberikan hasil yang tidak terlalu memuaskan. Ini terjadi hampir pada semua mata pelajaran termasuk matematika. Untuk meningkatan pembelajaran matematika salah satunya dengan penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman matematika. Model Numbered Head Together (NHT) merupakan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dengan cara berdiskusi dalam mengemukakan pemikirannya, saling bertukar pendapat dan saling bekerja sama jika ada teman dalam kelompoknya yang mengalami kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada sub pokok bahasan himpunan, untuk mengetahui aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui efektif tidaknya pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan bertempat di SMP Negeri 5 Tanggul. Waktu pelaksanaan penelitian adalah mulai tanggal 20 sampai 28 Januari 2010. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A semester genap tahun ajaran 2009/2010. Data diambil dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah aktivitas siswa, ketuntasan hasil belajar siswa dan efektifitas relatif. Dari hasil penelitian didapatkan pada siklus I aktivitas siswa sebesar 42,5 % dengan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 15%. Sedangkan pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 97,5 % dengan ketuntasan hasil belajar siswa yang meningkat juga mencapai 75 %. Efektifitas penerapan pembelajaran mencapai 88,61 % dan dikategorikan sebagai pembelajaran sangat efektif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar pada siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Tanggul dengan mengunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210191097;
dc.subjectNumbered Head Together (NHT), Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUB POKOK BAHASAN HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII A SEMESTER GENAP SMP NEGERI 5 TANGGUL TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record