Show simple item record

dc.contributor.authorERIK PANDU PRASETYO
dc.date.accessioned2014-01-23T10:27:28Z
dc.date.available2014-01-23T10:27:28Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM080910201052
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22537
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mekanisme lelang elektronik (e- Procurement) yang digunakan pada lelang pengadaan makanan dan minuman rapat di DPRD Kabupaten Jember Tahun 2012. E-procurement atau proses pengadaan barang dan jasa secara on-line melalui internet menjadi solusi yang tepat, karena lelang elektronik (e-Procurement) tidak memerlukan birokrasi dan mendapatkan pengawasan langsung dari masyarakat. Lelang elektronik (e-Procurement) tersebut adalah bagaimana proses pengadaan barang dan jasa di pemerintahan dan bagaimana caranya memanfaatkan teknologi informasi agar tidak banyak membuang waktu dan biaya. E-procurement juga dilaksanakan untuk meminimalkan pertemuan antara panitia dengan pihak penyedia jasa dengan tujuan agar terjadi persaingan sehat, dan mencegah persekongkolan panitia lelang dengan salah satu peserta lelang atau penyimpangan lelang yang lain. Manfaat penulisan karya ilmiah ini sebagai bahan referensi pengadaan barang dan jasa yang menggunakan sistem lelang elektronik. Penelitian ini dilaksanakan di Sekretariat Dewan DPRD Kabupaten Jember, yang beralamat di Jalan Kalimantan No. 86 Jember. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data primer dikumpulkan dengan mertode wawancara yang mendalam secara langsung (Indepth Interview), data skunder dikumpulkan dengan metode studi kepustakaan yaitu data-data yang diperoleh dari literatur yang berkaitan dengan pokok permasalahan peneliti sendiri. Informan dalam penelitian ini dipilih dengan metode purposive (bertujuan) yang dipilih sesuai dengan masalah dan tujuan dalam penelitian tersebut. Informan dalam penelitian ini meliputi orang menguasai secara mendalam tentang Pengadaan Belanja Makanan dan Minuman Rapat di DPRD Kabupaten Jember yang menjadi kajian penelitian dan terlibat secara efektif dalam masalah tersebut, sehingga mampu memberikan informasi yang rinci dan mendalam. Uji keabsahan data dilakukan menggunakan metode tringulasi dengan sumber, sehingga dapat meningkatkan derajat kepercayaan data yang diperoleh. Analisis data sekunder dan wawancara mendalam secara langsung (Indepth Interview) untuk menggali data-data primer. Informan dalam penelitian ini meliputi orang yang terlibat secara efektif dan menguasai secara mendalam tentang pengadaan belanja makanan dan minuman rapat di DPRD Kabupaten Jember, sehingga mampu memberikan informasi yang rinci dan mendalam. Data yang telah diperoleh, kemudian diuji menggunakan metode tringulasi dengan sumber, sehingga dapat meningkatkan derajat kepercayaan data yang diperoleh. Hasil penelitian mekanisme lelang elektronik (e-Procurement) dalam pengadaan belanja makanan dan minuman di DPRD Kabupaten Jember Tahun 2012 menyangkut tahapan berikut: (1) persiapan pengadaan, (2) pengumuman pelelangan, (3) pendaftaran peserta lelang, (4) penjelasan pelelangan, (5) penyampaian penawaran, (6) proses evaluasi, (7) lelang gagal dan pelelangan ulang, (8) pengumuman calon pemenang lelang dan pengumuman pemenang lelang, (9) sanggah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080910201052;
dc.subjectPenerapan Sistem Lelang Elektroniken_US
dc.titlePENERAPAN SISTEM LELANG ELEKTRONIK (E-PROCUREMENT) DALAM PENGADAAN BELANJA MAKANAN DAN MINUMAN RAPAT DI DPRD KABUPATEN JEMBER TAHUN 2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record