Show simple item record

dc.contributor.authorEndang Sudarti
dc.date.accessioned2014-01-23T08:23:14Z
dc.date.available2014-01-23T08:23:14Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM090210204150
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22422
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Tenggarang 03 disebabkan karena kurang adanya variasi metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah adalah ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Sedangkan metode diskusi jarang digunakan. Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah yaitu sebesar 38%. Sehingga rumusan masalah yang timbul yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan aktivitas ekonomi dan sumber daya alam di SDN Tenggarang 03 tahun pelajaran 2011/2012 setelah penerapan metode permainan dengan ular tangga dan media gambar. Adapun tujuan penelitian ini yakni untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan aktivitas ekonomi dan sumber daya alam di SDN Tenggarang 03 tahun pelajaran 2011/2012 setelah penerapan metode permainan dengan ular tangga dan media gambar. Metode permainan adalah suatu cara penyajian bahan pelajaran melalui berbagai bentuk permainan. Ular tangga ialah permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih, papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah tangga dan ular yang menghubungkannya dengan kotak lain. Media gambar adalah penyajian visual dua dimensi yang berupa viii gambar mengenai kehidupan sehari-hari. Penggunaan metode permainan dengan ular tangga dan media gambar diharapkan dapat mempermudah siswa dalam memahami konsep, membuat pembelajaran semakin menarik, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dan membuat siswa termotivasi untuk menjawab pertanyaan. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDNTenggarang 03 Bondowoso, dimulai pada tanggal 10 September 2011 sampai tanggal 28 Januari 2012. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 50 anak, terdiri dari 25 laki-laki dan 25 perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes awal, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPS, dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil analisis aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Tenggarang 03 selama proses penerapan metode permainan dengan ular tangga dan media gambar yaitu sebesar 16%. Persentase keaktifan siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II adalah sebesar 64,45% dan 80,45% yang termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tenggarang 03 Bondowoso selama proses pembelajaran dengan metode permainan dengan ular tangga dan media gambar sangat signifikan jika dibandingkan dengan hasil belajar sebelum tindakan (prasiklus). Persentase hasil belajar yang diperoleh dari tahap prasiklus sebesar 38% menjadi 72% pada siklus I yang menunjukkan peningkatan sebesar 36%. Persentase hasil belajar pada siklus II yang diperoleh dengan memperbaiki hasil refleksi dari siklus I adalah sebesar 86% yang menunjukkan peningkatan sebesar 14%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode permainan dengan ular tangga dan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan aktivitas ekonomi dan sumber daya alam di SDN Tenggarang 03 tahun pelajaran 2011/2012. Guru hendaknya menerapkan metode permainan dengan ular tangga dan media gambar untuk pembelajaran mata pelajaran yang lain.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204150;
dc.subjectAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPSen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE PERMAINAN DENGAN ULAR TANGGA DAN MEDIA GAMBAR DI SDN TENGGARANG 03 TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record