PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE PERMAINAN DENGAN ULAR TANGGA DAN MEDIA GAMBAR DI SDN TENGGARANG 03 TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Rendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Tenggarang 03
disebabkan karena kurang adanya variasi metode pembelajaran. Metode pembelajaran
yang diterapkan di sekolah adalah ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Sedangkan
metode diskusi jarang digunakan. Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPS
sulit dicerna dan berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah yaitu sebesar 38%.
Sehingga rumusan masalah yang timbul yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas
dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan aktivitas ekonomi
dan sumber daya alam di SDN Tenggarang 03 tahun pelajaran 2011/2012 setelah
penerapan metode permainan dengan ular tangga dan media gambar. Adapun tujuan
penelitian ini yakni untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV
mata pelajaran IPS pokok bahasan aktivitas ekonomi dan sumber daya alam di SDN
Tenggarang 03 tahun pelajaran 2011/2012 setelah penerapan metode permainan
dengan ular tangga dan media gambar.
Metode permainan adalah suatu cara penyajian bahan pelajaran melalui
berbagai bentuk permainan. Ular tangga ialah permainan papan untuk anak-anak yang
dimainkan oleh 2 orang atau lebih, papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil
dan di beberapa kotak digambar sejumlah tangga dan ular yang menghubungkannya
dengan kotak lain. Media gambar adalah penyajian visual dua dimensi yang berupa
viii
gambar mengenai kehidupan sehari-hari. Penggunaan metode permainan dengan ular
tangga dan media gambar diharapkan dapat mempermudah siswa dalam memahami
konsep, membuat pembelajaran semakin menarik, menciptakan suasana belajar yang
menyenangkan, dan membuat siswa termotivasi untuk menjawab pertanyaan.
Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDNTenggarang 03
Bondowoso, dimulai pada tanggal 10 September 2011 sampai tanggal 28 Januari
2012. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 50 anak, terdiri
dari 25 laki-laki dan 25 perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes
awal, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa selama proses
pembelajaran IPS, dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti.
Hasil analisis aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Tenggarang 03 selama
proses penerapan metode permainan dengan ular tangga dan media gambar yaitu
sebesar 16%. Persentase keaktifan siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II
adalah sebesar 64,45% dan 80,45% yang termasuk dalam kategori sangat aktif,
sedangkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tenggarang 03 Bondowoso selama
proses pembelajaran dengan metode permainan dengan ular tangga dan media
gambar sangat signifikan jika dibandingkan dengan hasil belajar sebelum tindakan
(prasiklus). Persentase hasil belajar yang diperoleh dari tahap prasiklus sebesar 38%
menjadi 72% pada siklus I yang menunjukkan peningkatan sebesar 36%. Persentase
hasil belajar pada siklus II yang diperoleh dengan memperbaiki hasil refleksi dari
siklus I adalah sebesar 86% yang menunjukkan peningkatan sebesar 14%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode permainan dengan
ular tangga dan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan aktivitas ekonomi dan sumber daya alam
di SDN Tenggarang 03 tahun pelajaran 2011/2012. Guru hendaknya menerapkan
metode permainan dengan ular tangga dan media gambar untuk pembelajaran mata
pelajaran yang lain.