• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE PERMAINAN DENGAN ULAR TANGGA DAN MEDIA GAMBAR DI SDN TENGGARANG 03 TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub 1 (254)_1_processed.pdf (162.6Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Endang Sudarti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Tenggarang 03 disebabkan karena kurang adanya variasi metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah adalah ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Sedangkan metode diskusi jarang digunakan. Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah yaitu sebesar 38%. Sehingga rumusan masalah yang timbul yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan aktivitas ekonomi dan sumber daya alam di SDN Tenggarang 03 tahun pelajaran 2011/2012 setelah penerapan metode permainan dengan ular tangga dan media gambar. Adapun tujuan penelitian ini yakni untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan aktivitas ekonomi dan sumber daya alam di SDN Tenggarang 03 tahun pelajaran 2011/2012 setelah penerapan metode permainan dengan ular tangga dan media gambar. Metode permainan adalah suatu cara penyajian bahan pelajaran melalui berbagai bentuk permainan. Ular tangga ialah permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih, papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah tangga dan ular yang menghubungkannya dengan kotak lain. Media gambar adalah penyajian visual dua dimensi yang berupa viii gambar mengenai kehidupan sehari-hari. Penggunaan metode permainan dengan ular tangga dan media gambar diharapkan dapat mempermudah siswa dalam memahami konsep, membuat pembelajaran semakin menarik, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dan membuat siswa termotivasi untuk menjawab pertanyaan. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDNTenggarang 03 Bondowoso, dimulai pada tanggal 10 September 2011 sampai tanggal 28 Januari 2012. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 50 anak, terdiri dari 25 laki-laki dan 25 perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes awal, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPS, dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil analisis aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Tenggarang 03 selama proses penerapan metode permainan dengan ular tangga dan media gambar yaitu sebesar 16%. Persentase keaktifan siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II adalah sebesar 64,45% dan 80,45% yang termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tenggarang 03 Bondowoso selama proses pembelajaran dengan metode permainan dengan ular tangga dan media gambar sangat signifikan jika dibandingkan dengan hasil belajar sebelum tindakan (prasiklus). Persentase hasil belajar yang diperoleh dari tahap prasiklus sebesar 38% menjadi 72% pada siklus I yang menunjukkan peningkatan sebesar 36%. Persentase hasil belajar pada siklus II yang diperoleh dengan memperbaiki hasil refleksi dari siklus I adalah sebesar 86% yang menunjukkan peningkatan sebesar 14%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode permainan dengan ular tangga dan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan aktivitas ekonomi dan sumber daya alam di SDN Tenggarang 03 tahun pelajaran 2011/2012. Guru hendaknya menerapkan metode permainan dengan ular tangga dan media gambar untuk pembelajaran mata pelajaran yang lain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22422
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository