ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PADA PEMBELIAN KOPI OVEN “BURI YAH” DI JEMBER
Abstract
Kopi merupakan salah satu komoditas pertanian di sub sektor
perkebunan yang memiliki peluang besar untuk dikembangkan. Khususnya
pengembangan pada pasar dan perdagangan. Peluang ini seharusnya dapat
dimanfaatkan oleh petani dan produsen kopi yang bukan petani (agroindustri)
dengan sebaik-baiknya. Salah satunya yaitu dengan mengolah produk kopi
agar mempunyai nilai tambah yang lebih baik dibandingkan dengan produk kopi
yang sudah ada dipasaran, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Hal ini
dimaksudkan agar produk tersebut dapat bersaing dipasaran dan dapat
mendatangkan keuntungan yang maksimal bagi petani ataupun produsen kopi.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumen pada pembelian kopi oven Buriyah di Jember,
(2) Untuk mengetahui perilaku konsumen terhadap pembelian kopi oven Buriyah
di Jember, dan (3) Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendapatan
konsumen terhadap pembelian kopi oven Buriyah di Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah secara sengaja
(purposive). Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dan
korelasional. Metode pengambilan contoh menggunakan Metode Convenience
sampling. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder.
Metode analisis yang digunakan adalah (1) analisis Faktor, (2) analisis Deskriptif,
(3) analisis Chi Square.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumen pada pembelian kopi oven Buriyah di
Jember ada 4 (empat) faktor, yaitu Faktor Lokasi, meliputi variabel Sertifikat
Departemen Kesehatan, Tempat Pembelian, Jarak dari rumah, dan Tersedianya
Transportasi. Faktor Harga yang terdiri dari variabel harga ditempat membeli
dan harga ditempat lain. Faktor sumber informasi yang terdiri dari variabel
informasi keluarga dan informasi teman. Faktor kualitas produk dan kemasan
produk yang terdiri dari variabel praktis dan merek, (2) perilaku konsumen yang
tampak yaitu jumlah pembelian kopi oven Buriyah rendah dan frekuensi
pembelian rendah (tidak pasti). Perilaku konsumen yang tidak tampak yaitu
persepsi konsumen menilai kualitas kopi oven Buriyah bagus dan konsumen
melakukan pembelian kopi oven karena kebiasaan dan kualitas kopi oven
Buriyah terjamin, dan (3) terdapat hubungan yang nyata antara tingkat
pendapatan konsumen pada pembelian kopi oven Buriyah
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]