• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    METODE DISKUSI DENGAN ANALISIS FOTO KEJADIAN FISIKA (AFKF) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA (dalam Konsep Gerak Lurus)

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub 1 (199)_1.pdf (540.2Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Elysa Eka Oktaviasari NIM
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil pengaplikasian Fisika dan peristiwa alam yang bersifat riil pada umumnya tidak mudah untuk dibawa di tempat lain termasuk di sekolah atau dikelas. Berkaitan dengan perwujudan pembuatan media yang kontestual, maka pelaksanaan tugas pembuatan media pembelajaran Fisika yang kontekstual dengan siswa sekolah menengah jarang sekali dapat terwujud dengan baik (Indrawati, 2005). Foto merupakan alat visualisasi yang efektif, konkret, realistis, akurat, dan dapat mengatasi ruang dan waktu. Dengan gambar siswa akan lebih cepat dan lama dalam menyimpan memori yang disampaikan oleh guru dibandingkan hanya dengan metode ceramah saja. Disamping itu ,dengan metode diskusi akan menambah keterampilan sosial siswa melalui kerjasama dalam diskusi kelompok. Materi pokok bahasan gerak lurus merupakan kejadian riil yang banyak kita amati di sekitar kita. Sifat materi gerak lurus bersifat nyata dan dapat dilakukan analisa, maka sangat cocok dengan media foto yang digunakan untuk pembelajaran. Maka Foto dapat digunakan sebagai media materi pokok bahasan gerak lurus karena bersifat nyata dan riil. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengkaji perbedaan antara hasil belajar Fisika siswa Metode Diskusi Dengan Analisis Foto Kejadian Fisika (AFKF) Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA (dalam Konsep Gerak Lurus). (2) mendeskripsikan aktivitas siswa selama proses belajar mengajar dengan menggunakan Metode Diskusi Dengan Analisis Foto Kejadian Fisika (AFKF) Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA (dalam Konsep Gerak Lurus). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian yang ditentukan dengan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilakukan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Situbondo dengan responden penelitin kelas X-9 dan X-10. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan control group pre-test post-test design.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t two tail untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, sedangkan untuk rumusan masalah yang kedua menggunakan persentase aktivitas siswa. Berdasarkan uji Independent Samples t test menggunakan program SPSS 16 diperoleh hasil nilai t hitung 2.557dibandingkan dengan nilai signifikan 0.05, berdasarkan pedoman pedoman thitung ≥ 0.05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis aktivitas belajar siswa kelas eksperimen secara klasikal memiliki presentase 72,22%. Hal ini menunjukkan aktivitas siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan Metode Diskusi Dengan Analisis Foto Kejadian Fisika (AFKF) Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA (dalam Konsep Gerak Lurus) tergolong aktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22323
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository