Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Make a Match (mencari pasangan) Di SDN Wirowongso 01 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012; Shinta Fibriantie, 090210204190
Abstract
Salah satu bentuk peningkatan mutu pendidikan yaitu dengan
mengimplementasikan model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kegiatan
pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SDN wirowongso 01 yaitu (1) metode
mengajar yang digunakan guru kurang bervariasi; (2) guru jarang menggunakan
media pembelajaran. Model Pembelajaran tipe Make a Match (mencari pasangan)
merupakan salah satu model pembelajaran dengan menggunakan metode
pembelajaran diskusi kelompok secara perpasangan. Make a Match (mencari
pasangan) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat suatu informasi.
Seorang siswa belajar dari siswa lain dan saling menyampaikan idenya untuk
didiskusikan dalam suatu kelompok. Media kartu yang terdiri dari kartu jawaban dan
kartu pertanyaan sebagai sarana pembelajaran agar siswa mudah mengikuti proses
pembelajaran menggunakan model pembelajaran Make a Match (mencari pasangan).
Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah meningkatkan
aktivitas pembelajaran IPS pokok bahasan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya
Setempat melalui pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (mencari pasangan) di
SDN Wirowongso 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012?. (2) bagaimanakah
meningkatkan hasil pembelajaran IPS pokok bahasan Keragaman Suku Bangsa dan
Budaya Setempat melalui pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (mencari
pasangan) di SDN Wirowongso 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012? Tujuan dari
penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV dalam
pembelajaran IPS pokok bahasan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat melalui model pembelajaran tipe Make a Match (mencari pasangan) di SDN
Wirowongso 01 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011/2012. (2)
Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok
bahasan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat melalui model pembelajaran
tipe Make a Match (mencari pasangan) di SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung
Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini dilakukan di SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung
Kabupaten Jember. Penelitian subyek menggunakan metode purposive sampling area
yaitu di kelas IV dengaan jumlah siswa 48 yang terdiri dari 29 siswa laki- laki dan 19
siswa perempuan. Sumber data diperoleh dari siswa kelas IV. Desain penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan
tahapan penelitian tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan
mengevaluasi proses dan hasil tindakan, dan refleksi. Perolehan data dalam penelitian
ini menggunakaan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Analisi data
yang digunakan yaitu analisi data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil aktivitas siswa
mengalami peningkatan dari prasiklus sampai siklus II serta adanya peningkatan hasil
belajar dari siklus I ke II. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa model
pembelajaran tipe make a match (mencari pasangan) dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan keragaman suku
bangsa dan budaya setempat di SDN Wirowongso 01 Jember Tahun Pelajaran
2011/2012. Saran dari hasil penelitian ini adalah guru harus dapat menggunakan
pengetahuan dan keterampilan serta penggunaan media pembelajaran untuk
mengembangkan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Siswa
lebih aktif, dapat bekerja dengan kelompok. Bagi sekolah, hasil penelitian ini dapat
digunakan sebagai pedoman untuk meningkatkan kualitas mengajar guru. Bagi
peneliti dapat digunakan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan
dalam meningkatkan kualitas pendidikan.