• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Make a Match (mencari pasangan) Di SDN Wirowongso 01 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012; Shinta Fibriantie, 090210204190

    Thumbnail
    View/Open
    gdl (191)_1.pdf (228.5Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Shinta Fibriantie
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu bentuk peningkatan mutu pendidikan yaitu dengan mengimplementasikan model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SDN wirowongso 01 yaitu (1) metode mengajar yang digunakan guru kurang bervariasi; (2) guru jarang menggunakan media pembelajaran. Model Pembelajaran tipe Make a Match (mencari pasangan) merupakan salah satu model pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok secara perpasangan. Make a Match (mencari pasangan) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat suatu informasi. Seorang siswa belajar dari siswa lain dan saling menyampaikan idenya untuk didiskusikan dalam suatu kelompok. Media kartu yang terdiri dari kartu jawaban dan kartu pertanyaan sebagai sarana pembelajaran agar siswa mudah mengikuti proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Make a Match (mencari pasangan). Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah meningkatkan aktivitas pembelajaran IPS pokok bahasan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat melalui pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (mencari pasangan) di SDN Wirowongso 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012?. (2) bagaimanakah meningkatkan hasil pembelajaran IPS pokok bahasan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat melalui pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (mencari pasangan) di SDN Wirowongso 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat melalui model pembelajaran tipe Make a Match (mencari pasangan) di SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011/2012. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat melalui model pembelajaran tipe Make a Match (mencari pasangan) di SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan di SDN Wirowongso 01 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Penelitian subyek menggunakan metode purposive sampling area yaitu di kelas IV dengaan jumlah siswa 48 yang terdiri dari 29 siswa laki- laki dan 19 siswa perempuan. Sumber data diperoleh dari siswa kelas IV. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan tahapan penelitian tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan mengevaluasi proses dan hasil tindakan, dan refleksi. Perolehan data dalam penelitian ini menggunakaan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Analisi data yang digunakan yaitu analisi data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil aktivitas siswa mengalami peningkatan dari prasiklus sampai siklus II serta adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke II. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa model pembelajaran tipe make a match (mencari pasangan) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya setempat di SDN Wirowongso 01 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran dari hasil penelitian ini adalah guru harus dapat menggunakan pengetahuan dan keterampilan serta penggunaan media pembelajaran untuk mengembangkan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Siswa lebih aktif, dapat bekerja dengan kelompok. Bagi sekolah, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk meningkatkan kualitas mengajar guru. Bagi peneliti dapat digunakan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22321
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository