• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING DENGAN METODE DISERTAI FEEDBACK (UMPAN BALIK) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA D

    Thumbnail
    View/Open
    K (218)k_1fkip.pdf (369.9Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Agung Sedayu NIM 07021010209
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    aat ini rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan masih merupakan masalah yang sulit dipecahkan. Berbagai jalan telah ditempuh untuk mengatasi masalah tersebut, antara lain dengan penyempurnaan kurikulum, peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan dan peningkatan kualifikasi guru, pengadaan alat pengajaran, perbaikan sarana dan prasarana, peningkatan mutu manajemen sekolah, serta perbaikan sistem pengajaran. Kenyataannya, kualitas pendidikan khususnya mata pelajaran fisika masih rendah dan menjadi bahan perhatian dari segala pihak. Fisika merupakan ilmu yang bersifat empiris, artinya setiap hal yang dipelajari dalam fisika didasarkan pada hasil pengamatan tentang alam dan gejalagejalanya. Pembelajaran fisika menuntut siswa untuk berpikir kritis dan aktif sehingga diperlukan suatu model dan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar pada siswa. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah pendekatan pendekatan Active Learning dengan metode Buzz Group disertai feedback (umpan balik). Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengkaji aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan Active Learning dengan metode Buzz Group disertai feedback (umpan balik) dalam pembelajaran di SMP.dan 2) Mengkaji perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Fisika siswa menggunakan pendekatan Active Learning dengan metode Buzz Group disertai feedback (umpan balik) dengan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Jenggawah. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas menggunakan SPSS. Penentuan sampel penelitian
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22226
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3427]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository