Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Proses Pembentukan Tanah melalui Metode Demonstrasi dan Media Asli Pada Siswa Kelas V SDN Kepatihan 05 Kaliwates – Jember
Abstract
Untuk memperoleh hasil pengajaran yang sebaik-baiknya dalam proses
belajar mengajar guru harus selalu berusaha membangkitkan aktifitas para murid
sehingga seluruh perhatian mereka tertuju dan terpusat kepada bahan pelajaran
yang sedang diajarkan. Guru harus menyadari bahwa tidak setiap bahan pelajaran
menarik perhatian murid sebagaimana juga tidak setiap murid menaruh perhatian
terhadap bahan pelajaran yang sama karena itu mutlak diperlukan kecakapan guru
untuk dapat memberikan motivasi membangkitkan aktifitas dan perhatian murid
terhadap bahan pelajaran yang sedang diajarkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatan prestasi
belajar IPA setelah diterapkannya metode demonstrasi dan media asli pada siswa kelas V
SDN Kepatihan 05 Kaliwates (2) Meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V
SDN Kepatihan 05 dengan menggunakan metode demonstrasi dan media asli.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepatihan 05 Kaliwates jember yang
terdiri dari 37 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian
ini dilakukan mulai tanggal 25 Februari 2011 sampai 04 Meret 2011 dengan
subjek penelitian siswa kelas V SDN Kepatihan 05 Kaliwates Kabupaten Jember.
Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru dan tes
individu.Berdasarkan data yang telah diperoleh dari observasi diketahui bahwa
persentase aktivitas siswa selama pembelajaran menyimak pengumuman dengan menggunakan media kaset dan bantuan lembar kerja menyimak adalah : siklus I
pertemuan ( 59 %), dan ,Siklus II (86,4 % )