• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Proses Pembentukan Tanah melalui Metode Demonstrasi dan Media Asli Pada Siswa Kelas V SDN Kepatihan 05 Kaliwates – Jember

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (170)x_1.pdf (594.8Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Akbar Mauludi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Untuk memperoleh hasil pengajaran yang sebaik-baiknya dalam proses belajar mengajar guru harus selalu berusaha membangkitkan aktifitas para murid sehingga seluruh perhatian mereka tertuju dan terpusat kepada bahan pelajaran yang sedang diajarkan. Guru harus menyadari bahwa tidak setiap bahan pelajaran menarik perhatian murid sebagaimana juga tidak setiap murid menaruh perhatian terhadap bahan pelajaran yang sama karena itu mutlak diperlukan kecakapan guru untuk dapat memberikan motivasi membangkitkan aktifitas dan perhatian murid terhadap bahan pelajaran yang sedang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPA setelah diterapkannya metode demonstrasi dan media asli pada siswa kelas V SDN Kepatihan 05 Kaliwates (2) Meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Kepatihan 05 dengan menggunakan metode demonstrasi dan media asli. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepatihan 05 Kaliwates jember yang terdiri dari 37 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 25 Februari 2011 sampai 04 Meret 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Kepatihan 05 Kaliwates Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru dan tes individu.Berdasarkan data yang telah diperoleh dari observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran menyimak pengumuman dengan menggunakan media kaset dan bantuan lembar kerja menyimak adalah : siklus I pertemuan ( 59 %), dan ,Siklus II (86,4 % )
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22223
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository