Show simple item record

dc.contributor.authorMAMIK WIDYAWATI
dc.date.accessioned2014-01-23T05:13:27Z
dc.date.available2014-01-23T05:13:27Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070210204266
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22159
dc.description.abstractProses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Interaksi hubungan timbal balik antara guru dan siswa itu merupakan syarat utama bagi berlangsungnya proses belajar mengajar. Interaksi dalam peristiwa dalam belajar mengajar mempunyai arti yang lebih luas, tidak sekedar hubungan guru dengan siswa, tetapi berupa interaksi edukatif. Dalam hal ini bukan penyampaian pesan berupa materi pelajaran, melainkan penanaman sikap dan nilai pada diri siswa yang sedang belajar. Kegiatan belajar mengajar disekolah yang masih berpusat pada guru mengakibatkan kurang berkembangnya daya kreatifitas siswa di dalam kelas. Guru aktif memberikan materi sedangkan siswa kurang diberi kesempatan untuk bisa mengungkapkan pendapat, ide atau gagasan mereka sendiri. Pembelajaran yang demikian akan membuat siswa pasif. Siswa banyak yang hanya mendengarkan pejelasan guru, mencatat materi yang ditulis guru di papan tulis dan hanya beberapa siswa saja yang aktif menjawab pada saat guru memberikan pertanyaan. Usaha yang digunakan untuk memperbaiki hasil belajar siswa, peneliti mencoba menggunakan pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual ini dianggap cocok karena akan menjadikan siswa aktif yaitu dengan mengungkapkan ide / gagasan yang nantinya akan dikaitkan dengan materi pelajaran. Selain itu siswa akan lebih mudah memahami pelajaran karena mereka menemukan pengetahuan melalui ide atau pikiran mereka sendiri bukan dengan menghafal. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengambilan data, dilaksanakan di SDN Sumberagung 04 Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember, dimulai pada tanggal 19 sampai tanggal 28 April 2011, subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 17 anak, terdiri atas 9 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari observasi awal ke siklus I mengalami peningkatan dan dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan. Ketuntasan hasil belajar siswa pada observasi awal yaitu sebesar 29,41% dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 41,18%. Pada siklus II juga mengalami peningkatan dari siklus I yaitu menjadi 88,23%. Rata – rata kelas pada observasi awal adalah 51,88 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 5 siswa, sedangkan pada siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 57,65 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 7 siswa. Pada siklus II rata-rata kelas 76,18 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 15 siswa. Dengan begitu pada siklus II sudah berhasil mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yang sesuai dengan standart ketuntasan minimum yaitu 75% siswa yang telah mencapai nilai > 65 dari skor maksimal 100. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual pada pelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat dapat dikatakan berhasil karena sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 88, 23%. Dan sebaiknya guru menerapkan pendekatan kontekstual sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204266;
dc.subjectPENDEKATAN KONTEKSTUALen_US
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERAGUNG 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record