Show simple item record

dc.contributor.authorWULAN KUSUMA WIDIYASTUTI
dc.date.accessioned2014-01-23T04:54:33Z
dc.date.available2014-01-23T04:54:33Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM030210301122
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22121
dc.description.abstractSumber Daya Manusia (SDM) adalah aset atau unsur yang sangat penting diantara unsur-unsur organisasi lainnya. SDM penting dikarenakan mempengaruhi efisiensi dan efektivitas organisasi dan merupakan pengeluaran pokok organisasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Pemeliharaan terhadap SDM dilakukan melalui serangkaian program atau kegiatan yang bersifat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya. Lebih jauh upaya peningkatan pengetahuan dan keterampilan SDM adalah untuk mengembangkan kecakapan dan keahlian kerja SDM atau pegawai. SDM yang cakap dan ahli dalam melaksanakan pekerjaannya akan memberikan kontribusi yang besar terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk maksud tersebut, Pemerintah melakukan upaya untuk meningkatkan pengelolaan Pegawai Negeri melalui sistem yang disebut Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) diarahkan untuk menjamin penyelenggaraan tugas pemerintahaan dan pembangunan secara berdayaguna dan berhasilguna. Salah satu kebijakan Pemerintah tersebut adalah pengembangan kualitas sumber daya PNS. Salah satu cara pengembangan kualitas sumber daya PNS adalah dengan memberikan ijin belajar bagi PNS yang hendak melanjutkan pendidikan swadana. Terbatasnya jumlah PNS yang berpendidikan tinggi menyebabkan pemberian tanggung jawab pekerjaan yang tidak sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilikinya. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini apa saja motivasi internal dan eksternal yang mendorong Pegawai Negeri Sipil Dalam Melanjutkan Pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui apa saja motivasi internal dan eksternal yang mendorong Pegawai Negeri Sipil di Bidang Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah III Jember dalam melanjutkan pendidikan. Penelitian terdahulu telah membuktikan adanya pengaruh pendidikan terhadap kemampuan pegawai. peneliti menggunakan grand toeri sesuai dengan judul penelitian ini sehingga mampu memberikan dukungan terhadap hasil penelitian. Motivasi adalah sebagai latar belakang yang melandasi perilaku individu untuk mencapai tujuan. Motivasi ini terdiri dari dua garis besar yaitu motivasi internal yang datangnya dari dalam diri individu itu sendiri yang menyangkut aspek kepribadian, persepsi, dan kemampuan belajar, dan motivasi eksternal yang datangnya dari luar dri individu dapat berupa pengaruh lingkungan yang didalamnya terdapat motivasi untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan, motivasi untuk memperoleh manfaat praktis, motivasi untuk meningkatkan status sosial, motivai untuk memperoleh ilmu pengetahuan baru, motivasi untuk memperoleh imbalan, dan motivasi adanya persaingan. . Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif kemudian diinterpretasikan dengan gambaran berupa kata-kata motivasi yang menjadi latar belakang responden melanjutkan pendidikan, karena penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode penentuan lokasi penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode purposive yaitu menentukan lokasi penelitian sesuai dengan tujuan penelitian. Lokasi yang ditentukan adalah Kantor Bidang Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah III Jember. Pada penelitian ini instruman utama adalah peneliti sendiri sebagai alat penelitian ”Key Instrument” artinya peneliti sebagai alat utama pengumpul data yaitu dengan metode pengumpulan data berdasarkan pengamatan dan wawancara. Penentuan subyek penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yaitu menentukan dan menetapkan subyek penelitian secara sengaja berdasarkan kriteria-kriteria tertentu dan dianggap paling tahu tentang apa yang peneliti harapkan. Subyek penelitian adalah PNS yang sedang dan telah melanjutkan pendidikan. Metode penelitian antara lain metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Metode analisis data antara lain reduksi data, penyajian data, intepretasi data, dan penarikan kesimpulan. Serta menggunakan metode keabsahan data yaitu triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya motivasi PNS dalam melanjutkan pendidikan dipengaruhi faktor internal yang kemudian disebut motivasi internal dan faktor eksternal yang kemudian disebut motivasi eksternal. Motivasi internal, aspek pertama adalah kepribadian dimana kepribadian dari PNS sangat beragam misalnya PNS yang ulet, PNS yang selalu mementingkan pendidikan, dan PNS yang memiliki keresahan tinggi karena adanya persaingan. Aspek kedua, persepsi informan tentang pengertian pendidikan. Seluruh informan mendefinisikan pendidikan adalah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan atau meningkatkan kualitas SDM guna menjamin masa depan mereka. Aspek ketiga, kemampuan belajar yang dilihat dari semangat menjalani proses pendidikan terkait dengan usia informan saat melanjutkan pendidikan. Selanjutnya, motivasi eksternal PNS dalam melanjutkan pendidikan adalah motivasi untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan, motivasi untuk memperoleh manfaat praktis, motivasi untuk memperoleh gengsi, motivasi untuk memperoleh hal baru/ pengetahuan baru, motivasi untuk memperoleh imbalan, dan motivasi adanya persaingan. Responden memiliki motivasi lebih dari satu dari aspek tersebut. Akan tetapi sebagian besar responden menyatakan bahwa motivasi dalam melanjutkan pendidikan adalah untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan. Dari keseluruhan motivasi tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi responden. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya motivasi internal dan motivasi eksternal yang mendorong PNS dalam melanjutkan pendidikan. Keseluruhan motivasi tersebut saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan. Seorang PNS dapat memiliki lebih dari satu motivasi. Saran dari peneliti untuk instansi adalah perlu diadankannya upaya perluasan kesempatan yang dapat meningkatkan pendidikan PNS dan penempatan PNS pada posisi yang sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilikinya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030210301122;
dc.subjectPEGAWAI NEGERI SIPILen_US
dc.titleMOTIVASI PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM MELANJUTKAN PENDIDIKANen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record