• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN METAKOGNISI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII

    Thumbnail
    View/Open
    Arum Wisnanti_1.pdf (163.0Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Arum Wisnanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan proses dan hasil pengembangan instrumen penilaian metakognisi siswa, maka dapat disimpulkan bahwa 1) proses pengembangan instrumen penilaian metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika melalui 5 fase, yaitu : (a) fase investigasi awal, yaitu mencari informasi tentang pentingnya metakognisi dalam menyelesaikan permasalahan; (b) fase desain, yaitu membuat kisi-kisi instrumen penilaian metakognisi sesuai dengan tahapan metakognisi yang dikembangkan oleh schoenfeld dan Arzt sebagai indikator instrumen; (c) fase realisasi, yaitu mentukan 18 item pernyataan yang mengungkapkan kemampuan matakognisi siswa; (d) fase tes, evaluasi dan revisi, yaitu memvalidasi instrumen kepada 2 orang dosen pendidikan matematika dan satu guru matematika, mengujicobakan kepada subyek coba siswa SMP kelas VIII, serta menguji kelayakan instrumen kepada guru melalui pedoman angket; (e) fase implementasi, yaitu menarik kesimpulan. Proses pengembangan pada fase (a), (b) dan (c) menghasilkan instrumen penilaian metakognisi siswa awal. Sedangkan pada proses pengembangan fase (d) adalah melakukan validasi dan ujicoba untuk menghasilkan instrumen penilaian metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada pokok bahasan theorema Pythagoras yang valid, reliabel dan praktis. Proses pengembangan fase (e) adalah penarikan kesimpulan dari fase-fase sebelumnya. 2) Dari hasil ujicoba diperoleh instrumen penilaian metakognisi siswa dalam menyelesaikan permasalahan soal cerita matematika pada pokok bahasan theorema Pythagoras yang valid, reliabel dan praktis. Instrumen telah memenuhi kriteria validitas, yaitu dengan koefisien validitas kejelasan bahasa mencapai 0,922 dan validasi konstruk mencapai 0,921. Instrumen juga memenuhi kriteria reliabilitas, yaitu dengan koefisien reliabilitas mencapai 0,868 yang berarti sangat tinggi. Sedangkan kriteria kepraktisan juga dipenuhi. Sehingga dihasilkan Instumen Penilaian Metakognisi Siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada pokok bahasan theorema Pythagoras.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22033
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository