PENERAPAN PEMBELAJARAN BRUNER PADA OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF DI KELAS I SDN KEBONSARI O1 YOSOWILANGUN-LUMAJANG TAHUN AJARAN 2009-2010
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara yang menunjukkan
kurangnya kemampuan siswa kelas 1 SD Negeri Kebonsari 01 dalam memahami
materi penjumlahan dan pengurangan. Hal ini disebabkan proses pembelajaran
umumnya menggunakan metode ceramah dan kurangnya alat peraga pembelajaran
untuk membantu mengkongkritkan materi abstrak, sehingga siswa cenderung
menghafal materi pembelajaran tanpa ada pemahaman terhadap materi tersebut. Oleh
karena itu, dilaksanakan penerapan pembelajaran Bruner pada operasi hitung
penjumlahan dan pengurangan dengan pendekatan kooperatif di kelas 1 SDN
Kebonsari 01 Yosowilangun-Lumajang Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini
dilakukan dengan membatasi permasalahan pada bagaimana penerapan pembelajaran
Bruner, aktivitas siswa dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa selama
pembelajaran operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan pendekatan
kooperatif.