PENGGUNAAN STRATEGI IMAGE STREAMING (MENGALIRKAN BAYANGAN) PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMK (Studi Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor Kelas XI SMK Negeri 2 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011)
Abstract
IPA adalah ilmu pengetahuan yang sistematis dan dirumuskan berdasarkan
hasil pengamatan dan induksi, yang berhubungan dengan gejala-gejala kebendaan .
Ilmu fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang berkaitan
dengan cara mencari tahu dan memahami alam secara sistematis. Fisika bukan hanya
penguasaan sekumpulan pengetahuan berupa fakta, konsep, dan prinsip kerja saja,
tetapi juga sebagai suatu penemuan. Tujuan pembelajaran fisika di lembaga sekolah
yaitu memberikan bekal pengetahuan tentang fisika, kemampuan dalamketerampilan,
proses meningkatkan kreatifitas, dan sikap ilmiah untuk menghasilkan karya
teknologi sederhana yang berkaitan dengan kebutuhan manusia sekarang. Untuk
mencapai sasaran tersebut, maka pembelajaran fisika perlu dilaksanakan secara baik
dan benar. Upaya memperbaiki pembelajaran selain melalui pembaharuan kurikulum,
perubahan pola kegiatan pembelajaran, pemilihan media pendidikan, strategi , model
maupun metode pembelajaran yang sesuai dan pola penilaian akan menentukan hasil
pendidikan. Salah satu strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik fisika
yaitu strategi image streaming (mengalirkan bayangan). Strategi image streaming
(mengalirkan bayangan) adalah strategi pembelajaran yang memanfaatkan teknik
pemikiran visual yang memulai suatu visualisasi dan kemudian melihat apa yang
dapat dipelajari dari hal-hal yang teramati.