• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN TEGAL BESAR 03 JEMBER DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM CERITA BISU

    Thumbnail
    View/Open
    S (175)s_1.pdf (996.4Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Yetik Nafisah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan karena pengamatan awal di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan siswa SDN Tegal Besar 03 dalam menulis narasi masih sangat rendah. Sebanyak 68 % dari 31 siswa belum mencapai ketuntasan. Permasalahannya antara lain: siswa sulit menemukan dan menuliskan ide/gagasan, siswa sulit menuliskan isi cerita secara runtut, siswa kesulitan dalam mengungkapkan isi cerita, dan siswa sering kali salah dalam penggunaan ejaan dan tanda baca. Hal ini disebabkan kurangnya pengalaman siswa, guru mengajar hanya dengan ceramah dan tidak menggunakan media, siswa kurang lancar dalam berbahasa Indonesia, tidak adanya umpan balik dari guru pada hasil karangan siswa. Untuk memecahkan permasalahan di atas, diperlukan media pembelajaran yang dapat membuat siswa tertarik, bersemangat untuk mengikuti pembelajaran menulis dan mempermudah siswa dalam membuat karangan narasi. Oleh karena itu pada penelitian ini guru melakukan tindakan alternatif yaitu meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SDN Tegal Besar 03 Jember dengan menggunakan media film cerita bisu. Alasan menggunakan media film cerita bisu karena pada film tersebut sudah ada gagasan, alur sudah terbentuk, tokoh sudah ada dan ceritanya sudah runtut. Siswa hanya menginterpretasikan setiap gerakan yang ada pada film dan menyusunnya dalam beberapa paragraf sesuai dengan urutan kronologis yaitu pergantian pengisahan dari awal ke waktu berikutnya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SDN Tegal Besar 03 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Tegal Besar 03 Tahun Ajaran 2009/2010, sebanyak 31 siswa. Metode pengumpul data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 16 Pebruari 2010 sampai 25 Pebruari 2010, yang terdiri atas dua siklus. Pada penerapan pembelajaran menulis narasi dengan menggunakan film cerita bisu ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu pengamatan film bisu secara keseluruhan, penulisan butir-butir cerita, menuliskan cerita secara runtut dan padu. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan; meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SDN Tegal Besar 03 Jember dengan menggunakan media film cerita bisu berjalan dengan baik. Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada prasiklus siswa yang mencapai ketuntasan nilai menulis cerita sebanyak 10 siswa (32%), di siklus I meningkat menjadi 13 siswa (42%), dan siklus II mencapai ketuntasan nilai sebanyak 27 siswa (87% ). Peningkatan nilai menulis siswa disebabkan siswa sudah lebih mengetahui isi cerita pada film, sudah mengetahui penggunaan (kalimat efektif, ejaan dan tanda baca), siswa bisa membagi cerita menurut detail peristiwa pada tiap paragraf dengan cara membuat butir-butir pokok cerita. Persentase perhatian dan keaktifan siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan. Pada prasiklus 51%, siklus I 58% dan disiklus II menjadi 80,6%. Hal ini dikarenakan siswa sudah bisa menginterpretasikan gerakan pada film sehingga mengetahui ceritanya dan merasa tertarik untuk mengikuti pembelajaran berikutnya. Saran peneliti, berdasarkan hasil penelitian, untuk selanjutnya supaya pada film cerita bisu diberi suara musik latar yang bisa mendukung situasi, gerakannya bisa dilambatkan agar siswa tidak ketinggalan dalam menangkap cerita, isi ceritanya disesuaikan dengan usia anak. Agar penggunaan film cerita bisu tersebut dapat lebih maksimal dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21890
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository