Show simple item record

dc.contributor.authorHUDAIBIYAH
dc.date.accessioned2014-01-23T03:13:41Z
dc.date.available2014-01-23T03:13:41Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070210201083
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21881
dc.description.abstractKejar Paket C di PKBM Cahaya Kurnia Bangsa terdapat berbagai persoalan yang sering menjadi batu sandungan dalam mencapai tujuan keberhasilan yang maksimal. Persoalan tersebut salah satunya adalah motivasi warga belajar dalam mengikuti proses pembelajaran, persoalan ini perlu penanganan yang yang serius, sebab motivasi mempunyai peranan yang cukup penting dalam mencapai keberhasilan kegiatan pembelajaran. Arti dari motivasi belajar sendiri adalah keseluruhan daya penggerak psikis di dalam diri peserta didik yang menimbulkan kegiatan belajar. Disamping Motivasi aktivitas belajar merupakan bagian penting mencapai keberhasilan tujuan proses pembelajaran. Aktivitas warga belajar dalam proses pembelajaran memberikan kontribusi tersendiri dalam meningkatkan pengertian, pemahaman, penganalisisan terhadap suatu persoalan. Dengan adanya motivasi belajar baik intrinsik maupun ekstrinsik diharapkan dapat meningkatkan Aktivitas belajar warga belajar. 1. Tujuan umum: Untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap aktivitas belajar warga belajar kejar paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Cahaya Kurnia Bangsa Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011. 2. Tujuan khusus a. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar intrinsik terhadap aktivitas belajar warga belajar kejar paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Cahaya Kurnia Bangsa Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011. b. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar ekstrinsik terhadap aktivitas belajar warga belajar kejar paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Cahaya Kurnia Bangsa Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei sampai bulan juni tahun 2011 menggunakan metode kuantitatif. Dalam penentuan responden menggunakan penelitian populasi dengan jumlah responden 38 warga belajar metode perolehan data yang digunakan adalah metode Angket, dokumentasi dan kepustakaan. Pengolahan data dengan analisis regresi linier berganda adapun langkah – langkah pengolahan datanya melalui editing, koding, scoring dan tabulating. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa untuk taraf signifikansi 95 % atau 5% hipotesis nihil ditolak, sehingga hipotesis kerja mayor dan minor diterima. 1. Motivasi belajar berpengaruh siknifikan terhadap aktifitas belajar warga belajar kejar paket C di BKBM Cahaya Kurnia Bangsa Kabupaten Lumajang tahun Pelajaran 2010/2011. 2. Motivasi belajar intrisik berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar warga belajar kejar paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Cahaya Kurnia Bangsa Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011. 3. Motivasi belajar ekstrisik berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar warga belajar kejar paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Cahaya Kurnia Bangsa Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini berarti semakin baik motivasi belajar warga belajar maka aktivitas warga belajar akan semakin baik pula begitu juga sebaliknya. Saran yang dapat diberikan sehubungan dengan kesimpulan, PKBM Cahaya Kurnia Bangsa diharapkan memperhatikan pemberian motivasi belajar yang tepat terutama yang berkaitan dengan motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik yang berhubungan langsung dengan aktivitas belajarnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210201083;
dc.subjectPengaruh Motivasi Belajar Terhadap Aktivitas Belajar Warga Belajar Kejar Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar (PKBM) Cahaya Kurnia Bangsa Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011en_US
dc.titlePENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) CAHAYA KURNIA BANGSA KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record