dc.description.abstract | Suatu pembelajaran pada dasarnya tidak hanya mempelajari tentang
konsep, teori dan fakta tetapi juga aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Salah
satu pengajaran yang relevan diterapkan dalam pembelajaran fisika adalah dengan
menerapkan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan pembelajaran aktif
menggunakan media Card Sort. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengkaji
perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penerapan Contextual Teaching
And Learning (CTL) dengan pembelajaran aktif menggunakan media Card Sort
dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X semester ganjil di SMA
Negeri 1 Panarukan-Situbondo tahun ajaran 2011/2012, dan (2) Mengkaji
aktivitas belajar siswa pada kelas X semester ganjil di SMA Negeri 1 Panarukan–
Situbondo tahun ajaran 2011/2012 dengan menerapkan Contextual Teaching and
Learning (CTL) dengan strategi pembelajaran aktif menggunakan media Card
Sort.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan post-test control
design. Penentuan tempat penelitian dengan purposive sampling area yaitu SMA
Negeri 1 Panarukan-Situbondo. Responden penelitian ditentukan dengan teknik
undian setelah dilakukan uji homogenitas yaitu kelas X.2 dan X.6 semester ganjil
tahun ajaran 2011/2012. Data diambil dengan menggunakan metode observasi,
dokumentasi, wawancara dan tes. Analisis data menggunakan uji t untuk
menjawab rumusan masalah yang pertama dan persentase, reliabilitas instrumen
observasi aktivitas siswa digunakan untuk menjawab rumusan masalah yang
kedua. Analisis data menggunakan uji diperoleh nilai dan nilai
= 1,99 sehingga , maka hipotesis nihil ditolak dan
hipotesis alternatif diterima., berarti ada perbedaan hasil belajar fisika yang
signifikan antara penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan
pembelajaran aktif menggunakan media Card Sort dengan pembelajaran
konvensional pada siswa kelas X semester ganjil di SMA Negeri 1 PanarukanSitubondo
tahun ajaran 2011/2012. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh dari
persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada pertemuan I sebesar 38% dan
pertemuan II sebesar 43%, sehingga terjadi peningkatan rata-rata persentase
aktivitas belajar siswa tiap pertemuannya dan diperoleh rata-rata aktivitas belajar
siswa sebesar 40,5% dan termasuk kriteria cukup aktif atau sedang. Peningkatan
ini terjadi karena siswa harus mengetahui terlebih dahulu maksud dari kartu yang
dibagikan dan harus dapat mengeluarkan gagasan-gagasan yang ada dipikiran
mereka.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian
ini adalah: (1) ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penerapan
Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan pembelajaran aktif
menggunakan media Card Sort dengan pembelajaran konvensional pada siswa
kelas X semester ganjil di SMA Negeri 1 Panarukan-Situbondo tahun ajaran
2011/2012, dan (2) aktivitas belajar siswa kelas X semester ganjil di SMA Negeri
1 Penarukan – Situbondo tahun ajaran 2011/2012 dengan menerapkan Contextual
Teaching And Learning (CTL) dengan strategi pembelajaran aktif menggunakan
media Card Sort termasuk kategori cukup aktif atau sedang. Dengan kata lain,
penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan pembelajaran aktif
menggunakan media Card Sort dapat membuat siswa menghubungkan antara
materi pelajaran yang dipelajari dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong
siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mampu menyeimbangkan
kemampuan kognitif, psikomotor dan afektif sebagai hasil dari proses belajar. | en_US |