• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MENGGUNAKAN MEDIA CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (342)-_1.pdf (643.0Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Sri Ayu Fajar Ratna Dewi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Suatu pembelajaran pada dasarnya tidak hanya mempelajari tentang konsep, teori dan fakta tetapi juga aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pengajaran yang relevan diterapkan dalam pembelajaran fisika adalah dengan menerapkan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan pembelajaran aktif menggunakan media Card Sort. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengkaji perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan pembelajaran aktif menggunakan media Card Sort dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X semester ganjil di SMA Negeri 1 Panarukan-Situbondo tahun ajaran 2011/2012, dan (2) Mengkaji aktivitas belajar siswa pada kelas X semester ganjil di SMA Negeri 1 Panarukan– Situbondo tahun ajaran 2011/2012 dengan menerapkan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan strategi pembelajaran aktif menggunakan media Card Sort. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan post-test control design. Penentuan tempat penelitian dengan purposive sampling area yaitu SMA Negeri 1 Panarukan-Situbondo. Responden penelitian ditentukan dengan teknik undian setelah dilakukan uji homogenitas yaitu kelas X.2 dan X.6 semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Data diambil dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Analisis data menggunakan uji t untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan persentase, reliabilitas instrumen observasi aktivitas siswa digunakan untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisis data menggunakan uji diperoleh nilai dan nilai = 1,99 sehingga , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima., berarti ada perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan pembelajaran aktif menggunakan media Card Sort dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X semester ganjil di SMA Negeri 1 PanarukanSitubondo tahun ajaran 2011/2012. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh dari persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada pertemuan I sebesar 38% dan pertemuan II sebesar 43%, sehingga terjadi peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa tiap pertemuannya dan diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 40,5% dan termasuk kriteria cukup aktif atau sedang. Peningkatan ini terjadi karena siswa harus mengetahui terlebih dahulu maksud dari kartu yang dibagikan dan harus dapat mengeluarkan gagasan-gagasan yang ada dipikiran mereka. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan pembelajaran aktif menggunakan media Card Sort dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X semester ganjil di SMA Negeri 1 Panarukan-Situbondo tahun ajaran 2011/2012, dan (2) aktivitas belajar siswa kelas X semester ganjil di SMA Negeri 1 Penarukan – Situbondo tahun ajaran 2011/2012 dengan menerapkan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan strategi pembelajaran aktif menggunakan media Card Sort termasuk kategori cukup aktif atau sedang. Dengan kata lain, penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan pembelajaran aktif menggunakan media Card Sort dapat membuat siswa menghubungkan antara materi pelajaran yang dipelajari dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mampu menyeimbangkan kemampuan kognitif, psikomotor dan afektif sebagai hasil dari proses belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21863
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository