• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE INKUIRI DAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PELAJARAN IPS KEGIATAN JUAL BELI DI SDN SARIMULYO 03 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    S (291)s_1.pdf (601.3Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Yudistya Agung
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam pembelajaran yang sering dijumpai, guru mata pelajaran IPS menjalankan proses belajar-mengajar masih berpusat pada guru (teacher oriented). Pembelajaran tersebut dapat mengakibatkan siswa cenderung menerima materi pelajaran secara pasif yaitu pembelajaran yang kurang memberdayakan siswa dimana guru lebih aktif dibanding siswanya. Hal ini menyebabkan siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran IPS dan berdampak pada pemahaman siswa yang kurang optimal. Pada pembelajaran IPS sebaiknya bukan hanya guru yang berperan aktif, namun keterlibatan siswa secara aktif juga sangat diperlukan agar pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menyenangkan. Berdasarkan hasil observasi kelas III di SDN Sarimulyo 03 Banyuwangi, terdapat permasalahan yaitu motivasi dan hasil belajar siswa rendah. Siswa cenderung pasif, bosan, dan kurang termotivasi dalam pembelajaran IPS karena terlalu banyak hafalan dan cara pengajaran guru yang kurang memberdayakan siswa. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode inkuiri dan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pelajaran IPS kegiatan jual beli pada siswa kelas III SDN Sarimulyo 03 Banyuwangi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS tema kegiatan jual beli Penerapan metode inkuiri dan pendekatan keterampilan proses pada intinya menuntut siswa untuk aktif dan terlibat langsung dengan objek belajar secara nyata yaitu melalui pengamatan dan kegiatan jual beli langsung di sekolah. Pembelajaran seperti ini dimaksudkan agar siswa dapat menemukan sendiri konsep yang dipelajari melalui pengalaman belajarnya. Sehingga pembelajaran tidak hanya dilakukan di dalam kelas, namun juga dilakukan di luar kelas agar menarik perhatian dan meningkatkan motivasi siswa yang akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Sarimulyo III Banyuwangi dan pengambilan data dilakukan mulai tanggal 30 Maret sampai dengan 12 Mei 2012. Adapun subjek penelitian adalah seluruh siswa Kelas III SDN Sarimulyo 03 Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui metode inkuiri dan pendekatan keterampilan proses pada tema kegiatan jual beli dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi siswa cenderung meningkat dari tiap siklusnya. Persentase rata-rata motivasi siswa di siklus I adalah 78% dan di siklus II yaitu 82,5%. Terlihat jelas bahwa motivasi siswa setiap siklus mengalami peningkatan. Sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan dari tiap siklusnya yaitu pada siklus I mencapai 80,8% dan siklus II meningkat menjadi 88,5%. Pencapaian hasil belajar ini sudah melampui batas ketuntasan belajar secara klasikal yang telah ditetapkan yaitu 75% dan hasil belajar ini dapat dikatakan dalam kategori baik. Namun dari hasil penelitian di atas, perlu digaris besar bahwa penelitian ini masih jauh dari kesempurnaan. Setiap siswa sebaiknya meningkatkan motivasi dan hasil belajarnya agar setiap pembelajaran dapat dipahami dengan baik. Selain itu guru kelas hendaknya dapat menerapkan metode ini pada pelajaran-pelajaran lainnya di kelas. Pihak sekolah juga diharapkan dapat memfasilitasi kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan, seperti media dan sumber belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21794
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository