Show simple item record

dc.contributor.authorLYA ENDANG LESTARI
dc.date.accessioned2014-01-23T01:59:56Z
dc.date.available2014-01-23T01:59:56Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM080210204214
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21730
dc.description.abstractFakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran sampai saat ini, guru terlalu mendominasi kelas, sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran kurang, hal ini sangat mengurangi tanggung jawab siswa atas tugas belajarnya. Permasalahan yang sering terjadi dalam proses pembelajaran di SDN Ajung 03 yaitu siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar sehingga siswa terlihat bosan dan jenuh dalam menerima pelajaran, hal ini sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang hasilnya berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan media benda asli dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan membantu siswa dalam memahami materi batuan, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Metode diskusi merupakan metode pembelajaran yang mengutamakan adanya kerja sama, yakni kerja sama antar siswa dalam kelompok belajar yang terdiri dari 5 siswa dari berbagai kemampuan, gender, dan etnis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan media benda asli merupakan batuan asli dari berbagai jenis batuan yang memiliki sifat keasliannya sehingga menggugah antusiasme siswa untuk mengikuti tahapan selanjutnya serta memudahkan anak mencerna pelajaran yang diberikan oleh guru karena keadaan batuan asli yang dilihat menyerupai cara bertutur. Metode ini menjadikan siswa lebih kritis dalam menganalisa batuan, siswa dalam kelompok kecil dapat saling berbagi ide- ide dan bekerja sama dengan menentukan nama dan ciri-ciri batuan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V selama kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPA menggunakan metode diskusi dengan memanfaatkan media benda asli ?, (2) berapa peningkatan hasil belajar siswa siswa kelas V selama kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPA menggunakan metode diskusi dengan memanfaatkan media benda asli ?. berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas V selama kegiatan pembelajaran mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode diskusi dengan memanfaatkan media benda asli, (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode diskusi dengan memanfaatkan media benda asli. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ajung 03 kecamatan Kalisat kelas V yang terdiri dari 30 siswa, 14 siswa laki- laki dan 16 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Pengambilan data dimulai tanggal 2 Mei 2011 sampai dengan 20 Mei 2011. Data yang dikumpulkan yaitu penilaian aktivitas siswa dan tes individu. Siklus I aktivitas siswa mencapai 60% dan nilai tes sebesar 46,6%. Nilai ulangan harian siklus I diperoleh 73,3% dengan siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 10 orang. Pada siklus II diperoleh data sebagai berikut; aktivitas siswa mencapai 63,3% dengan kategori aktif dan nilai tes sebesar76,6%. Nilai ulangan harian siklus II diperoleh 80%, siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPA pokok bahasan batuan. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan media benda asli dapat menciptakan suasana belajar yang aktif, menarik minat siswa untuk belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi serta saling bekeerja sama sehingga dapat mengembangkan ketrampilan sosial siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204214;
dc.subjectMETODE DISKUSIen_US
dc.titlePENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA BENDA ASLI (Sub Pokok Bahasan Batuan pada SDN Ajung 03 Kecamatan Kalisat Kabupate n Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record