dc.description.abstract | Fakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran sampai saat ini,
guru terlalu mendominasi kelas, sehingga keterlibatan siswa dalam proses
pembelajaran kurang, hal ini sangat mengurangi tanggung jawab siswa atas tugas
belajarnya. Permasalahan yang sering terjadi dalam proses pembelajaran di SDN
Ajung 03 yaitu siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar sehingga siswa
terlihat bosan dan jenuh dalam menerima pelajaran, hal ini sangat berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa yang hasilnya berada di bawah Kriteria Ketuntasan
Minimum.
Penerapan pembelajaran dengan menggunakan media benda asli dapat
menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial
dan membantu siswa dalam memahami materi batuan, sehingga dapat meningkatkan
hasil belajar.
Metode diskusi merupakan metode pembelajaran yang mengutamakan adanya
kerja sama, yakni kerja sama antar siswa dalam kelompok belajar yang terdiri dari 5
siswa dari berbagai kemampuan, gender, dan etnis untuk mencapai tujuan
pembelajaran. Sedangkan media benda asli merupakan batuan asli dari berbagai jenis
batuan yang memiliki sifat keasliannya sehingga menggugah antusiasme siswa untuk
mengikuti tahapan selanjutnya serta memudahkan anak mencerna pelajaran yang
diberikan oleh guru karena keadaan batuan asli yang dilihat menyerupai cara bertutur.
Metode ini menjadikan siswa lebih kritis dalam menganalisa batuan, siswa
dalam kelompok kecil dapat saling berbagi ide- ide dan bekerja sama dengan
menentukan nama dan ciri-ciri batuan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V selama kegiatan
pembelajaran pada mata pelajaran IPA menggunakan metode diskusi dengan
memanfaatkan media benda asli ?, (2) berapa peningkatan hasil belajar siswa siswa
kelas V selama kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPA menggunakan
metode diskusi dengan memanfaatkan media benda asli ?. berdasarkan rumusan
masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk meningkatkan
aktivitas siswa kelas V selama kegiatan pembelajaran mata pelajaran IPA dengan
menggunakan metode diskusi dengan memanfaatkan media benda asli, (2) untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPA dengan menggunakan
metode diskusi dengan memanfaatkan media benda asli.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ajung 03 kecamatan Kalisat kelas V yang
terdiri dari 30 siswa, 14 siswa laki- laki dan 16 siswa perempuan. Siswa dibagi
menjadi 6 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalan penelitian tindakan kelas
sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi.
Pengambilan data dimulai tanggal 2 Mei 2011 sampai dengan 20 Mei 2011.
Data yang dikumpulkan yaitu penilaian aktivitas siswa dan tes individu. Siklus I
aktivitas siswa mencapai 60% dan nilai tes sebesar 46,6%. Nilai ulangan harian siklus
I diperoleh 73,3% dengan siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa dan yang tidak tuntas
sebanyak 10 orang. Pada siklus II diperoleh data sebagai berikut; aktivitas siswa
mencapai 63,3% dengan kategori aktif dan nilai tes sebesar76,6%. Nilai ulangan
harian siklus II diperoleh 80%, siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa dan yang tidak
tuntas sebanyak 3 siswa.
Kesimpulan penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan
hasil belajar mata pelajaran IPA pokok bahasan batuan. Penerapan pembelajaran
dengan menggunakan media benda asli dapat menciptakan suasana belajar yang aktif,
menarik minat siswa untuk belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam
berinteraksi serta saling bekeerja sama sehingga dapat mengembangkan ketrampilan
sosial siswa. | en_US |